Perolehan Zakat Fitrah Ditargetkan Baznas Sukabumi Rp 2 Miliar di 2019

SUKABUMI–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi Jawa Barat, menargetkan perolehan zakat fitrah 1440 H sebesar Rp 2 miliar. Target itu optimistis dapat tercapai karena mulai tingginya kepercayaan warga membayar zakat ke Baznas.

“Tahun ini masih kami targetkan perolehan zakat fitrah Rp 2 miliar,’’ kata Wakil Ketua III Baznas Kota Sukabumi Muh Kusoy belum lama ini.

Tahun ini besaran zakat fitrah sebesar Rp 30 ribu. Baznas membuat 200 kupon zakat fitrah. Baznas sudah menggulirkan gerakan sadar zakat bersama dengan elemen masyarakat lainnya.

Upaya lainnya untuk pencapaian zakat yaitu dengan memaksimalkan peran unit pengumpul zakat (UPZ) di dewan kemakmuran masjid (DKM) atau rukun warga (RW) yang berada di tujuh kecamatan dan 33 kelurahan. Saat ini, jumlah UPZ DKM atau RW mencapai sebanyak 355 unit.

Pada momen pengumpulan zakat fitrah yang baru lalu UPZ tersebut menjadi salah satu ujung tombak di lapangan. Dana zakat infak, serta shodaqoh (ZIS) yang terkumpul disalurkan kepada delapan asnaf yang berhak menerimanya sesuai syariat Islam. “Selain itu disalurkan pada program pemberdayaan dan upaya pengentasan kemiskinan,” tuturnya.

Pada 2018 lalu Baznas mencetak kupon zakaf fitrah sebanyak 150 ribu lembar. Tapi yang terwujud hanya 70 ribu.

Kondisi ini ungkap Kusoy disebabkan ada warga yang membayar zakat langsung kepada delapan asnaf atau melalui lembaga zakat lain. “Namun ke depan ia optmistis Baznas akan menjadi pilihan utama bagi warga untuk menyalurkan zakat fitrah,” pungakasnya. (red)

Lihat Juga...