Warga Sukabumi Mulai Memburu KA Pangrango

SUKABUMI — Keberadaan kereta api (KA) Pangrango Sukabumi-Bogor tambahan diburu penumpang. Sebabnya sarana itu dinilai sangat membantu warga Sukabumi yang akan berpergian ke Bogor serta Jakarta.

Data dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebutkan, saat ini perjalanan kereta dari Sukabumi ke Bogor menjadi enam kali serta diluncurkan mulai Selasa (14/5). Awalnya KA Pangrango dari Sukabumi ke Bogor hanya tiga kali perjalanan yakni pukul 05.15 WIB, pukul 10.25 WIB, serta pukul 15.45 WIB.

Kini jadwal perjalanan KA Pangrango Sukabumi ke Bogor bertambah tiga yaitu di pukul 06.40 WIB, pukul 12.10 WIB, serta pukul 17.30. Sebaliknya dari Stasiun Bogor ke Sukabumi pun naik menjadi enam perjalanan yakni pukul 07.50 WIB, pukul 09.30 WIB, pukul 13.10 WIB, pukul 14.50 WIB, pukuk 18.30 WIB, dan pukul 20.35 WIB.

“Saya telah lama menanti KA Pangrango tambahan dan baru hari ini (Kamis-red) bisa menikmatinya,” tandas salah seorang warga Sukabumi, Dede Ramdan (30). Sebabnya pada KA Pangrango tambahan warga dapat memilih waktu keberangkatan dari Sukabumi yang tidak terlalu pagi yakni pukul 06.40 WIB.

Biasanya ujar Dede, sebagian warga Sukabumi kesulitan mendapatkan tiket serta waktu yang tepat untuk berangkat ke Bogor. Akan tetapi dengan adanya penambahan jadwal keberangkatan ini memberikan alternatif bagi warga dalam memilih.

Warga lainnya Maman (43) mejelaskan, penambahan jadwal KA Pangrango ini telah lama dinanti masyarakat. “Ke depan mungkin perlu ada sosialisasi kepada warga agar mengetahuinya, karena banyak yang belum tahu,” tandasnya.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meneragnkan, warga Sukabumi menyambut positif adanya penambahan jadwal keberangkatan KA Pangrango. Hal itu dikarenakan penambahan perjalanan kereta ini telah ditunggu warga sejak lama.

Terlebih lanjut ia, dalam beberapa bulan terakhir ini memang sudah ada informasi yang beredar terkait penambahan jadwal KA Pangrango. Sehingga banyak masyarakat yang menanyakan kebenaranan informasi itu.

Penambahan jadwal keberangkatan KA Pangrango ini lanjut Fahmi, sangat membantu warga Sukabumi. Hal itu dikarenakan selama ini warga seringkali mengandalkan kereta api dibandingkan sarana lain.

Di sisi lain pemkot berupaya membenahi sejumlah sarana prasarana. Misalnya pemkot berupaya membenahi akses masuk maupun keluar stasiun kereta.

“Upaya itu untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat. Kebijakan itu harus mendapatkan dukungan dari masyarakat karena menjadi tanggungjawab bersama,” pungkasnya.

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan