Budidaya Ikan Gurame Menjadi Target Pemberdayaan Masyarakat di Desa Ubrug

WARUNGKIARA — Sosialisasi budidaya Ikan Gurame sebagai salah satu bentuk upaya Pemerintah Desa Ubrug Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, dalam meningkatkan taraf hidup masyarakt di gelar di Aula Desa Ubrug belum lama ini. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan masyarakat sebagai pemilik kolam sebanyak 95 kolam, Babinsa, Kepala Desa Ubrug, nasrasumber dari instansi terkait dan lainnya.

Kepala Desa Ubrug Henhen Suhendi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dibidang budidaya Ikan Guram.”Kenapa ikan sebab di desa kami potensi ekonomi perikanan cukup tinggi. Dimana, sarana air dan kolam cukup memadai. Masyarakat yang dilibatkan berasal dari empat kedusunan yakni, Dusun Ubrug, Cibungur, Salamuncang, dan Dusun Cikoneng,” kata Henhen kepada www.sukabumizone.com Selasa, (21/05).

Pemerintah Desa Ubrug tutur Henhen, melalui bidang pemberdayaan dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap satu 2019. Maka, harapan tersebut bisa direalisasikan sesuai rencana. “Untuk mensukseskan program ini kami mengeluarkan anggaran sebesar Rp. 25.000.000,- yang dibagi untuk penyediaan bibit dan pelatihan,”ujarnya.

Menurutnya, pada sosialisasi yang dilakukan baru-baru ini pemdes terlebih dahulu membentuk satu kelompok. “Dan selanjutnya akan dibentuk empat kelompok setelah terlihat ada keberhasilan di kelompok pertama,”imbuhnya.

Ia berharap, perogram tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang tergabung di empat kelompok tersebut. Namun, ia juga mengimbau agar bantuan yang diberikan tidak dinilai bantuan sesaat pemerintah sehingga tidak dikembangkan dengan baik. “Program ini harus benar-benar berkembang dan terus bergulir dari satu kelompok sampai empat kelompok dan seterusnya,”harapnya. (Ginanjar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan