Sejumlah Perusahaan Sebagian Besar Sudah Bayar THR di Sukabumi

SUKABUMI — Sebagian besar perusahaan yang berada di Kota Sukabumi, diketahui telah melakukan pembayaran tunjangan hari raya (THR) kepada segenap karyawannya. Demikian disampaikan pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi.

“Sebelum Ramadhan, kami telah memberikan imbauan agar perusahaan membayarkan THR sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Plt Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Iyan Damayanti kepada wartawan, Kamis (23/5).

Pemberian THR tersebut mengacu pada surat edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2019. Kemudian, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Berdasarkan aturan yang ada, THR wajib dibayarkan pihak perusahaan paling lambat tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Iyan menjelaskan, sejumlah perusahaan di Sukabumi membayar THR lebih cepat, diantaranya sekitar dua pekan sebelum Lebaran.

“Laporan itu berdasarkan pantauan petugas yang setiap hari ke lapangan,” tuturnya.

Ke depan, perusahaan-perusahaan yang belum membayarkan THR supaya dapat segera memenuhi kewajibannya kepada para pegawai.

Dalam aturannya pengusaha yang terlambat atau tidak membayar THR dikenai sanksi admistrasi. Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Di sisi lain ia mengatakan, bila ada perusahaan yang tidak1 menjalankan kewajibannya membayar THR maka dapat dilaporkan ke Disnaker. Nantinya petugas akan menindaklanjuti pelaporan itu.

Besaran THR sesuai aturan kata Iyan untuk setiap pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, memperoleh THR satu bulan upah.

Sementara, bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional sesuai perhitungan yang telah ditetapkan yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah.

Data Disnaker Kota Sukabumi menyebutkan, jumlah perusahaan di Kota Sukabumi mencapai sekitar 520 unit. Tapi yang berskala perusahaan besar hanya mencapai puluhan unit. (red)

Lihat Juga...