Balawista Palabuahanratu Sukabumi Catat Lima Wisatawan Tenggelam Terselamatkan

SUKABUMI — Sepanjang libur lebaran, sebanyak lima wisatawan tenggelam serta berhasil diselamatkan petugas penjaga pantai di pantai selatan Kabupaten Sukabumi. Hal itu berdasarkan data Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sejak H+1 lebaran hingga H+2 lebaran.

“Hingga H+2 lebaran angka kejadian kecelakaan laut mencapai tiga kasus,’’ kata Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh Jumat (7/6). Data ini berdasarkan laporan petugas di 16 pos penjagaan sampai Jumat pukul 17.00 WIB.

Menurutnya, dari tiga kejadian itu terdapat lima korban tenggelam. Kelimanya berhasil diselamatkan petugas Balawista di lapangan.

“Kasus laka laut terjadi pada Kamis (6/6) sebanyak dua kejadian. Laka laut pertama di Pos Samudera Beach Hotel (SBH) dengan dua orang korban WNA asal Yaman yang berhasil diselamatkan petugas,” ungkapanya.

Berikutnya laka laut di Pos Karanghawu I dengan satu orang korban terselamatkan. Sementara pada Jumat ini dilaporkan terjadi satu kasus laka laut di Pos Karanghawu Kebon Kalapa dengan dua orang korban berhasil diselamatkan.

Ia menerangkan, para korban semuanya berhasil diselamatkan petugas. Ke depan petugas berharap agar para wisatawan menaati rambu-rambu peringatan yang dipasang di sepanjang bibir pantai.

“Selain itu mematuhi setiap arahan serta himbauan yang diberikan petugas penjaga pantai. Hal ini untuk mencegah terjadinya laka laut,” pungkasnya. (rol)

Lihat Juga...