Bupati Sukabumi Adakan Pertemuan Bersama Kepala Desa Wangun Reja dan Sukamaju

“Bahas Perbaikan Jembatan dan Pembangunan Jalan Baru”
NYALINDUNG — Kepala Desa Wangun Reja Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Ali Nurdin bersama Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Nyalindung Aas Suganda adakan pertemuan dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Pendopo Sukabumi belum lama ini.

Dari informasi yang diperoleh www.sukabumizone.com menyebutkan, dalam pertemuan yang berlangsung Senin, (26/05/2019) lalu tersebut dibahas mengenai pengajuan perbaikan jembatan yang diketahui berstatus milik kabupaten yang juga merupakan akses penghubung antara Kabupaten dan Kota Sukabumi. Selain itu, Kepala Desa Wangun Reja dan Sukamaju juga memohon izin kepada bupati terkait adanya rencana pelebaran dan pembangunan jalan baru sebagai penghubung antar desa sepanjang kurang lebih satu kilo meter.

Kepala Desa Wangun Reja Ali Nurdin mengatakan, perbaikan jembatan tersebut langsung dibahas dengan Bupati Sukabumi. Pasalnya, kondisi jembatan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. “Kondisinya dinilai tidak layak untuk dilalui kendaraan terutama kendaraan bermuatan berat,” kata Ali kepada kepada www.sukabumizone.com Senin, (10/06).

Menurutnya, langkah yang telah dilakukan pemerintah desa dengan masyarakat saat ini adalah memperbaiki jembatan tersebut dengan bahan dan alat seadanya. “Baru-baru ini kami telah mengumpulkan dana dari donatur dan swadaya masyarakat untuk memperbaiki jembatan tersebut. Ya, karena dengan modal seadanya tentu jauh dari kualitas memadai sebab jembatan ini hanya beralaskan kayu yang di atasnya ditaburi pasir dan aspal tipis saja,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah yang di atas segera melakukan perbaikan agar jembatan tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. “Pembangunan jembatan ini sudah lama tidak dilanjutkan bahkan tidak diperbaiki. Sehingga, sudah sewajarnya dibangun,” tandasnya.

Lanjut Ali, hasil dari pertemuan tersebut cukup memuaskan meski belum ada kepastian yang jelas kapan seluruh pengajuannya dapat direalisasikan. ” Alhamdullilah hasil dari pertemuan kemarin dengan pak Bupati, beliau Langsung merespon dan akan segera mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat,” lanjutnya.

Disinggung terkait adanya rencana pembangunan jalan baru penghubung desa? Ia menjelaskan, apabila pengajuan pembangunan jembatan ditanggapi. Maka, Pemerintah Desa Wangun Reja telah sepakat dengan Pemerintah Desa Sukamaju akan membuka akses jalan baru menggunakan alat berat dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap dua 2019 dan Dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.” Tujuan di lakukannya pembukaan jalan tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Pendidikan dan Kesehatan,” imbuhnya.

Di tempat berbeda kepala Desa Sukamaju Aas Suganda diwakili Sekretaris Desa Sukamaju Hendri mengatakan, musyawarah terkait kerjasama pembangunan jalan ini telah mencapai kata sepakat. Bahkan pihaknya telah melakukan musyawarah dengan masyarakat sebagai pemilik tanah. ” Kami bersyukur hampir 90 persen masyarakat mendukung rencana kami ini,” cetusnya.

Ia juga berharap, pembangunan jalan tersebut bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.” Untuk itu kami mohon kepada para pemangku kebijakan agar dapat menanggapi seluruh pengajuan kami agar pemerataan pembangunan khusunya di desa kami dan umumnya di Kabupaten Sukabumi berjalan baik,” pungkasnya. (Agus/Riki)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan