Seorang Wisatawan Meninggal Tenggelam di Pantai Karanghawu

SUKABUMI–Seorang pengunjung asal Kabupaten Bogor meninggal dunia setelah tenggelam di Pantai Karanghawu, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Selasa (11/6) lalu. Sebelumnya korban sempat diselamatkan oleh petugas Badan Penelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi.

Tetapi korban yang bernama Ilham Handika (17) warga Kampung Kedung Halang Sleweran Cilebut, Kabupaten Bogor ini meninggal dunia di puskesmas. Informasi yang diperoleh dari Balawista menyebutkan, korban bersama temannya yaitu Lutfi (17) terbawa ombak besar di Pantai Karanghawu 2 Kebon Kelapa sekitar pukul 15.30 WIB.

“Saat itu ombak sedang bersan atau ombak pasang,” kata Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada wartawan Selasa. Petugas mengetahui keberadaan keduanya setelah mereka terbawa ombak ke tengah lautan.

Petugas, berupaya melakukan penyelamatan meskipun kewalahan sebab kondisi medan yang berat yakni ombak pasang. Akhirnya kedua korban berhasil dibawa ke tepian pantai untuk mendapatkan pertolongan medis.

Seorang korban yakni Lutfi berhasil selamat. Sementara satu orang korban lainnya yakni Ilham meninggal dunia ketika berada di puskesmas.

Selain itu, pada Selasa dari pagi hingga siang tercatat sebanyak tiga kejadian lainnya di lokasi berbeda. Pertama kejadian laka laut di Pantai Karanghawu 2 Kebon Kelapa Cisolok sekitar pukul 09.00 WIB.

Korban yang tenggelam serta berhasil diselamatkan adalah M Topik Alpariji (17) warga Kemang Kabupaten Bogor. Pengunjung tersebut beraktivitas berenang di dekat karang dan terlalu ke tengah. Sebelumnya petugas memberikan peringatan tapi diabaikan sehingga terjadi kecelakaan serta petugas melakukan penyelamatan.

Lokasi laka laut kedua yakni di Pantai Istiqomah dengan korban tenggelam Ahmad (16) serta M Abdul Rohman (15) warga Puncak, Kabupaten Bogor sekitar pukul 10.30 WIB. Keduanya juga berhasil diselamatkan petugas. Terakhir kasus laka laut di Pos Nambo Gurilap Cisolok satu korban yakni Muhamad Rizki (15) Ciawi Bogor berhasil diselamatkan.

Menurut Asep, pada upaya penyelamatan korban di Pantai Karanghawu satu petugas Balawista sempat tersangkut di karang. “Akibatnya petugas yang bernama Muksin ini harus mendapatkan penangana medis di Puskesmas Cisolok,” pungasnya. (rol)

Lihat Juga...