Curug Pareang Dikenal Sejak Zaman Belanda

SUKABUMI KAB — Curug Pareang adalah Curug yang memiliki ketinggin 135 meter, lebar 80 meter serta kemiringan hingga mencapai 45 derajat, terletak di Kampung Lembur Situ, Desa Sindang Resmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Keindahan Curug Pareang diabadikan oleh seorang warga negara belanda dalan sebuah foto yang di beri judul Panorama Van De Waterval Cjibodjong Bij Soekaboemi sekitar tahun 1900 – 1940 yang diambil dari Koleksi Foto Tropen museum, National Museum Cultures.

Jika saat musim penghujan curug ini terlihat lebih indah jika di saksikan dari bawah, terlihat seperti bukit yang ditata dan dialiri air di atasnya apalagi air terjun di curug ini mencapai hingga delapan tingkat.

Belakangan, Curug Pareang ditata oleh kelompok pemuda dan masyarakat, hingga ada penambahan spot selfie, saung dan sebagainya.

Untuk mengembangkan Wisata baru itu, Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami meresmikan penggunaan kawasan wisata Curug Pareang, Minggu (16/06/2019).

Sesampainya di lokasi, Marwan berbincang bincang bersama warga, bahkan terlihat asik bermain dan ngobrol dengan anak-anak di daerah tersebut. “Kita ingin tiap desa memiliki ciri khas, baik itu wisata, kuliner, pertanian atau agrowisata, sehingga ketika orang datang ke Sukabumi, itu punya pilihan banyak,” kata Marwan kepada www.sukabumizone.com Minggu, (16/06).

Ia berharap, dengan adanya destinasi wisata seperti Curug Pareang ini masyarakat bisa tersejahtrakan. “Kalau curug ini tinggal ditata sedikit, dan di tambah spot bermainya tentubbisa lebih baik, tapi yang paling penting bagaimana masyarakat bisa menjaga kebersihan dan keasrian kawasan ini sehingga pengunjung merasa nyaman,” pungkasnya. (Agus)

 

Lihat Juga...