Formi Kabupaten Sukabumi Lakukan Minggu Bergerak

SUKABUMI KAB — Federasi Olahraga Rekreasi – Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Sukabumi kembali melakukan agenda rutinnya dengan melakukan Minggu Bergerak (Gurak) di pantai Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan Gurak tersebut bertujuan untuk memotivasi dan mengajak masyarakat supaya membiasakan diri melakukan olah raga.

“Dengan melakukan olah raga secara rutin badan akan selalu bugar, dengan begitu kesehatan terjaga” ungkap ketua Formi Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika saat ditemui dilokasi, Minggu (16/06/2019).

Gurak Formi kali ini diikuti sekitar 400 orang peserta terdiri dari ibu ibu masyarakat Ciracap Surade, Puskesmas serta dari Satradar cibalimbing.

“Program kerja Formi tahun 2019 Tahun ini diagendakan di 20 Kecamatan dan Gurak hari ini merupakan kegiatan ke delapan,” jelasnya.

Ketua Formi berharap olah raga menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat sehingga secara bertahap derajat kesehatan masyarakat meningkat.

“Olah raga harus jadi kebutuhan dan kebiasaan di masyarakat, dengan melakukan gerak sederhana seperti senam jalan dan sebagainya,” tambahnya.

Olahraga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh yang sangat penting bagi kesehatan, Berikut adalah manfaat olahraga yang lainnya, Meningkatkan daya tahan tubuh, melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh dimana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Meningkatkan fungsi otak, Teratur dalam berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan berolahraga, jumlah oksigen didalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak,” ujarnya.

Mengurangi stress, dengan olahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Penelitian yang dilaporkan dalam Anxiety, Stress and Coping: An International Journaltahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan.

“Dan Menurunkan kolesterol, saat olahraga, tubuh bergerak dan membantu tubuh membakar kalori yang ada sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja. Hal tersebut juga membantu mengurangi penimbunan lemak pada tubuh,” pungkasnya. (Nur Suhendar)

Lihat Juga...