Dua Titik Rabat Beton Jalan Lingkungan di Desa Kertaraharja Tuntas Seratus Persen

CIKEMBAR — Proses pembangunan fisik dua titik jalan lingkungan di Desa Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sebagai realisasi dari adanya pencairan Dana Desa (DD) tahap satu 2019 berjalan lancar dan aman. Bahkan, dari informasi yang diperoleh www.sukabumizone.com menyebutkan, pembangunan rabat beton dua titik jalan tersebut saat ini telah dinyatakan selesai seratus persen oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kertaraharja Jumat, (28/06).

Pejabat Sementara Kepala Desa Kertaraharja Yunyun Zeniarif Nugraha diwakili Sekdes Kertaraharja Erlan Suhendar Pradana mengatakan, pada DD tahap satu 2019, Pemdes Kertaraharja telah menentukan skala prioritas pembangunan hasil musyawarah dari tingkat kedusunan sampai tingkat desa pada tahun sebelumnya adalah dua titik jalan lingkungan.
“Diantaranya, rabat beton jalan lingkungan di Kampung Cibodas RT 01/03 volume panjang 45 meter kali 70 meter kali 8 centimeter dengan anggaran sebesar Rp. 5.553.500,-,” kata Erlan saat disambangi www.sukabumizone.com Jumat, (28/06).

Setelah itu, rabat beton jalan lingkungan di Kampung Kertaraharja RT 03/01 tutur Erlan. Dimana, volume panjang jalan ini adalah 75 meter kali 1,2 meter kali 8 centimeter dengan anggaran Rp. 75.648.500,-. “Pembangunan rabat beton di Kampung Kertaraharja memang sangat dinantikan masyarakat. Pasalnya, jalan ini kerap terputus ketika musim penghujan karena digenangi air luapan dari Sungai Cibodas. Alhamdulillah, pembangunan jalan ini terkabulkan dan dibangun dengan kokoh menggunakan tembok penahan tanah yang volume tingginya di tambah sehingga tidak akan digenangi air pada musim penghujan,” ujarnya.

Menurutnya, rabat beton jalan lingkungan di Kampung Kertaraharja juga akan dilanjutkan ke depannya sebagai jalan penghubung dua RT antara RT 02 dan 03. “Dengan demikian, faktor ekonomi dapat berkembang pesat, pendidikan dan kesehatan juga ditunjang dengan maksimal,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat dapat membantu seluruh program yang digulirkan pemerintah desa dan turut memelihara hasil pembangunan yang telah digulirkan. “Sebab, tanpa dukungan masyarakat seluruh program yang digulirkan tidak akan berjalan maksimal. Apabila tidak dijaga bersama maka pemerataan pembangunan juga akan sulit tercapai,” pungkasnya. (Ginanjar)

 

Lihat Juga...