100 BUMN Shop di Sukabumi Menjadi Target Menteri BUMN

SUKABUMI–Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menargetkan ada 100 BUMN Shop di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Pembangunan BUMN Shop tersebut di desa-desa itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat perdesaan.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Rini M Soemarno di sela-sela mengunjungi dua lokasi BUMN Shop di Kecamatan Nyalindung serta Cisaat Kabupaten Sukabumi pada Selasa, (23/7). Keberadaan BUMN Shop ini pengelolaanya dikerjasamakan dengan Badan usaha milik desa (BUMDes) .

” Pada permulaan tahun ini, kami mendorong bagaimana BUMN bersinergi bisa membantu BUMDes,’’ tutur Menteri BUMN Rini M Soemarno kepada wartawan disela-sela mengunjungi BUMN Shop yang dikelola BUMDes Motekar di Desa/Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

lanjut ia, Program itu digulirkan di tengah pemerintah sedang membuat program di desa supaya perekonomian desa bisa tumbuh serta berkembang. Menurutnya, pembangunan BUMN Shop tersebut atas kerjasama bersama BUMDes dengan membangun toko. Di dalam gerai BUMN Shop tersebut terdapat produk BUMN serta usaha kecil menengah (UKM) warga sekitar.

Produk dari BUMN diantaranya, dari Kimia Farma, Bulog, Pertamina, PTPN serta Telkom. Di BUMN Shop juga, ada wifi corner sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan zaman yang semakin digital.

” Warga bisa menggunakan jaringan internet untuk belajar, komunikasi serta jual barang dan lainnya. Keberadaan BUMN Shop nantinya juga akan meningkatkan layanan inklusi keuangan di masyarakat desa melalui berbagai layanan transaksi keuangan,” ujarnya.

Ia menargetkan akan ada 100 BUMN Shop di Kabupaten Sukabumi.” Sampai saat ini baru 49 BUMN Shop yang telah hadir untuk memenuhi kebutuhan warga di desa-desa di Sukabumi,” pungkasnya. (Red)

Lihat Juga...