Ikan Koi Sebagai Ciri Khas Daerah Akan Dibagikan Pemkot Sukabumi

SUKABUMI — Pemerintah Kota Sukabumi Jawa Barat, berencana akan membangkitkan kembali ikan koi sebagai salah satu ciri khas daerah. Hal itu dilakukan dengan cara menggelar kegiatan festival bertarap nasional untuk mengenalkan koi lokal.

Keterangan tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Festival Koi Lokal 2019 yang digelar di Gedung Widaria Kencana (GWK), Jalur Lingkar Selatan Kota Sukabumi akhir pekan lalu. Ajang itu diharapkan mampu mengembalikan citra Sukabumi yang terkenal dengan ikan koinya.

“Ada tiga kegiatan besar yang akan digelar di Kota Sukabumi serta dua di antaranya telah ditetapkan yakni kuliner dan musik,” ujar Achmad Fahmi. Tetapi satu lagi belum ditentukan serta kemungkinan besar adalah festival koi.

Kata Fahmi, hal itu sebagai bentuk apreasiasi atas kegiatan festival koi lokal yang digagas komunitas pecinta ikan koi di Sukabumi raya. Ia menjelaskan, ikan koi sebenarya merupakan salah satu ciri khas Sukabumi.

Sebab itulah pemkot mendukung komunitas koi untuk membangkitkan lagi ikan itu sebagai ciri khas Sukabumi. “Caranya dengan menggelar satu acara berskala nasional yang menjadikan koi sebagai tema utamanya,” ujarnya.

Di Sukabumi terdapat banyak taman lalu lintas. Lokasi itu nantinya dimungkinan ada penanda ikan koi seperti patung dengan warna merah hitam putih nuansa koi.

“Keberadaan warna tersebut sebagai branding Sukabumi Raya sebagai bagian tidak terpisahkan dari koi. “Ingat Sukabumi ingat koi,”pungaksnya. (red)

Lihat Juga...