Pemdes Sukamaju Berinovasi Menggali Potensi Pendongkrak PADes

Kepala Desa Sukamaju Haris Sugiarto saat disambangi di lokasi pertanian tidak jauh dari Kantor Desa Sukamaju Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Senin, (29/07).

SUKALARANG — Demi meningkatkan kesejahtraan masyarakat dan mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa Sukamaju Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, besera Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus menggali potensi dibidang usaha pertanian sayur mayur.

Saat ini, komoditi yang tengah dikembangkan adalah Sayuran jenis Kol, Lobak, Cabai dan lainnya. “Kebetulan di desa kami area pertanian sayur mayur sebab didukung lahan dan iklim pengunungan yang baik untuk tanama jenis sayur mayur. Sehingga, ini sebuah peluang usaha yang bisa dikembangkan,” kata Kepala Desa Sukamaju Haris Sugiarto saat disambangi di lokasi pertanian tidak jauh dari Kantor Desa Sukamaju Senin, (29/07).

Menurutnya, kendala yang saat ini dihadapi adalah pasokan air akibat musim kemarau. “Alhamdulillah meski walaupun kemarau tanaman jenis Cabai yang saat ini kami tanam tumbuh dan berbuah meski tidak begitu maksimal. Mudah-mudahan harganya masih seperti saat ini yang masih terbilang tinggi ketika panen nanti,” tuturnya.

Selain, potensi pertanian pemdes saat ini memiliki impian tutur Haris, untuk mengembangkan potensi wisata pegunungan di Kampung Tangsel RT 01/01. “Disana, lokasinya cukup pas untuk wisata alam karena menyuguhkan pemandangan luar biasa dari atas pegunungan. Selain itu, pengunjung dapat beristirahat santai di gajebo yang kami sediakan sambil menikmati suasana alam yang dikelilingi lahan pertanian sayur mayur. Ya, wisata yang menjadi impina kami ini juga bisa menjadi wisata edukasi pertanian sayur mayur,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh rencananya selaku kepala desa dapat terwujud di masa yang akan datang. ” Demi kesejahtraan masyarakat dan untuk meningkatkan PADes. Maka, kami tidak boleh patah arang dan harus tetap berinovasi demi Desa Sukamaju lebiah baik,” pungkasnya.(Asep Sudrajat)

Lihat Juga...