Siswa SLB di Sukabumi Jago Puisi dan Mengaji

SUKABUMI — Seorang anak berkebutuhan khusus seperti tunanetra asal Kota Sukabumi memperoleh prestasi membanggakan di tingkat nasional. Syifa Aulia (9 tahun), siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Nurani Kota Sukabumi, raih juara pertama lomba baca puisi tingkat nasional.

Syifa meraih prestasi membanggakan dalam ajang Festival serta Lomba Literasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang digelar di Kota Tangerang Selatan pada akhir Juli 2019 lalu. Di babak final Syifa mengalahkan 11 finalis dari berbagai daerah se-Indonesia.

‘’ Saya bersyukur bisa juara 1 tingkat nasional lomba membaca puisi,’’ kata Syifa Aulia saat ditemui di Balai Kota Sukabumi, Kamis, (1/8). Di perlombaan itu Syifa membawakan puisi berjudul Karena Merah Warna Darahku serta Ibu karya Yusuf Gigan.

Sosok Syifa yang jago tilawah serta menyanyi ini mampu mengalahkan peserta dari 37 provinsi se-Indonesia. Di babak final Syifa mengalahkan 11 orang peserta, berasal dari berbaga daerah seperti Sumatra Barat serta Jawa Timur.

Perolehan prestasi diraih Syifa saat ini, didapatkan dengan kerja keras serta latihan yang dilakukan di sekolah. Selain itu, Syifa mendapatkan bimbingan dari sastrawan Yusuf Gigan.

Syifa menjelaskan, hobi serta senang berpuisi dan merasakan bagaimana penghayatan dalam membacakannya. ‘’ Saya ingin membawa nama SLB harum serta bercita-cita menjadi menjadi sastrawan puisi,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, Tanti R Kanti, mengungkapkan, prestasi yang diperoleh Syifa merupakan hasil kerja keras, serta anak itu mempunyai bakat multitalenta.’’ Sekolah merasa bangga dengan prestasi yang diperoleh Syifa,’’ tuturnya..

Ia juga menerangkan, Prestasi yang diperoleh Syifa mulai dari tingkat Sukabumi, provinsi hingga nasional. Sebelumnya Syifa juara satu lomba puisi tingkat Jawa Barat serta juara harapan satu tingkat nasional pada 2018 lalu.

Pada 2019, Syifa mengikuti lomba puisi anak berkebutuhan khusus atau tunanetra, tunadaksa, serta tunagrahita di Tanggerang Selatan. Pada ajang tersebut peserta yang hadir berasal dari 37 provinsi serta 12 finalis di babak final.

Sementara, juara urutan lima dalam lomba bercerita dengana anak normal di Kota Sukabumi.  ‘’Awalnya, Syifa akan membuat puisi yang dibukukan serta akan disalurkan ke sekolah-sekolah,’’ jelasnya.

Hal ini sebagai motivasi dan inspirasi kepada anak normal. Sebab, anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang patut dibanggakan serta mudah-mudahan menjdi sastrawan penulis, pendakwah yang pandai puisi dan menyanyi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, juga mengatakan, pemkot merasa bangga dengan perolehan prestasi yang diraih Syifa. ‘’ Kami bangga serta akan terus mendorong Syifa berprestasi sesuai dengan bakat yang dimilikinya,’’ pungkasnya. (rol)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan