Pembangunan Bidang Fisik Jadi Prioritas di Desa Sukamaju

NYALINDUNG — Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamaju Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, bangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Pasir Kadu RT 04/06 volume panjang 30 meter lebar 1 meter dengan anggaran sebesar Rp. 15.000.000,-.

Kepala Desa Sukamaju Aas Suganda mengatakan, pembangunan tersebut merupakan bentuk realisasi dari Dana Desa (DD) tahap dua 2019 yang belum lama ini dicairkan.” TPT ini dibagun dengan tujuan agar tanah yang sebelumnya mengalami pergeseran bisa teratasi. Kami khawatir jika tidak secepatnya dibangun, dimusim kemarau mendatang bisa terjadi longsor,” kata Aas kepada www.sukabumizone.com Rabu, (14/08).

Ia menuturkan, pembangunan itu merupakan hasil dari musyawarah tingkat kedusunan hingga musyawarah tingkat desa dan juga merupakan prioritas Pemdes di tahun 2019 ini.” Selain pembangunan TPT kami juga realisasikan DD tahap dua ini di pembangunan fisik lainnya. Diantaranya, bangun Rabat Jalan Lingkungan, bangun Gorong-gorong serta pengaspalan jalan desa,” tuturnya.

Ia menjelaskan, selain dari DD pembangunan fisik di 2019 ini juga dibantu dana CSR dari salah satu perusaha.” Ya, sebesar Rp. 55.000.000,- dari anggaran CSR ini kami realisasikan dipembangunan fisik yang berbarengan dengan pembangunan dari DD tahap dua 2019. Tentunya, mudah-mudahan pemerataan pembangunan bisa terwujud di seluruh wilayah di desa kami,” jelasnya.

Selain itu ia berharap, pembangunan yang dilakukan Pemdes bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan.” Pembangunan ini semoga bisa membantu masyarakat dalan meningkatkan perekonomuan, kesehatan dan pendidikan,” pungkasnya. (Agus)

Lihat Juga...