Pemkab Sukabumi Perkenalkan Layanan Informasi Publik berbasis Android

SUKABUMI KAB — Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan, bahwa system layanan informasi publik satu pintu menjadi sangat urgen. Pasalnya, mudah diakses serta mampu menjawab keluhan dan aspirasi masyarakat. Demikian disampaikan Bupati saat mengikuti Expose dan Konsultasi Layanan Informasi Publik Berbasis Android Terintegrasi melalui Aplikasi Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Aktual Terintegrasi (BIMASAKTI) yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi di Pendopo Sukabumi, Rabu (14/08).

” Aplikasi ini, sesuai dengan tuntuan jaman apalagi kedepan kebijakan pemerintah akan mengimplementasikan konsep Smart City, untuk itu silahkan program yang mudah diakses ini untuk dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Marwan kepada www.sukabumizone.com Rabu (14/08).

Ia menyatakan, bahwa sistem layanan publik program ini patut dukung oleh semua pihak termasuk Perangkat Daerah untuk kemajuan Sukabumi lebih baik.

” Mudah-mudahan aplikasi ini mendukung keterbukaan dalam menjawab kebutuhan masyarakat atas informasi, terutama layanan informasi yang sering di akses oleh masyarkat seperti layanan Kesehatan dan Pekerjaan Umum tak menutup kemungkinan kedepan juga termasuk layanan kebutuhan sehari hari,” ujarnya.

Menurut Plt. Kepala Disominfosan H. Achmad Riyadi, Dinas Kominfo bermaksud mempresentasikan aplikasi satu pintu terintegrasi yang diperuntukan bagi pelayanan informasi masyarakat.

” Aplikasi Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Aktual Terintegrasi ini merupakan aktualisasi dari konsep Smart city yamg sudah dilaksanakan sejak tahun kemarin,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang IKP Herdy Somantri memaparkan, ekpose bahwa Aplikasi Bima Sakti adalah aplikasi dengan sistem Hybrid dengan mengintegrasikan semua sistem aplikasi yang telah ada.

” Ini adalah Rumah aplikasi yang menampung semau aplikasi yang ada di Kabupaten Sukabumi. Aplikasi ini, merupakan sistem mudah diakses masyarakat (user friendly) jadi aplikasi ini mampu menjawab keinginan dan harapan masyarakat yang selama ini cukup kesulitan karena belum adanya aplikasi layanan informasi terintegrasi, ke depan Perangkat Daerah bisa melakukan pelayanan bagi masyarakat dengan mudah murah dan cepat,” terang Kabid yang akrab di sapa Bima tersebut.

Sehingga menurut Herdy, aplikasi ini dapat mempermudah pelayanan terhadap masyarakat karena berada dalam satu ruang aplikasi.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala BKPSDM, PLT. Kadiskominposan, Kepala DPMD, Kasat Pol PP, Direktur RSUD Sekarwangi, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, Sekretaris Bappeda, Kabag HPA, Kabag KPI serta undangan lainnya. (Nur Suhendar)

Lihat Juga...