Di Sukabumi Layanan Puskesmas Akan Buka Hingga Malam

SUKABUMI — Layanan kesehatan puskesmas di Kota Sukabumi Jawa Barat, akan buka hingga malam hari. “Ada tiga puskemas yang membuka layanan kesehatan hingga malam hari,’’ tutur Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Selasa (3/9).

Awalnya, puskemas melayani warga dari pagi hingga Pukul 14.00 WIB. Tetapi, kata Fahmi, kini ketiga puskesmas itu membuka layanan lanjutan dari pukul 15.00 WIB hingga Pukul 20.00 WIB. Ketiga puskesmas tersebut adalah Baros, Sukabumi, dan Selabatu.

Pembukaan jam layanan sampai malam untuk mengantisipasi apabila ada masyarakat mengalami gangguan kesehatan serta tidak dapat berobat pada pagi atau siang hari. Warga dapat tetap mengakses layanan kesehatan di malam hari serta tidak antre pada sore atau malam hari.

Menurutnya, pembukaan layanan puskesmas sore itu akan diperluas hingga ke semua puskesmas. Harapannya layanan itu dapat membantu warga dalam memperoleh layanan kesehatan yang memadai.

Di sisi lain, ia juga tetap menggulirkan program homecare, yakni satu perawat di setiap kelurahan. Kini ada 15 kelurahan yang telah ditempatkan perawat dan kelurahan lainnya akan segera menyusul.

“Homecare ini membantu warga yang tidak dapat ke puskesmas atau rumah sakit sebab kendala usia ataupun tidak ada yang merawatnya,’’ turunya.

Nantinya perawat yang akan mengunjungi rumah warga yang sakit itu. Program ini mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat. Dalam artian layanan ini akan diadopsi pemerintah pusat.

Program lainnya yakni Rumah Singgah bagi pasien asal Sukabumi yang dirujuk ke RSHS Bandung serta rumah sakit lainnya juga menjadi inovasi yang diapresiasi pemerintah provinsi. Warga asal Sukabumi dapat tinggal untuk sementara waktu di rumah singgah sambil menunggu pengobatan di rumah sakit.

“Layanan rumah singgah ini dikerjasamakan dengan Rumah Zakat serta baru Sukabumi yang menjalankannya sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sukabumi,” pungkasnya. (red)

Lihat Juga...