Desa Cijengkol Jadi Desa Digital

SUKABUMI KAB — Setelah kurang lebih satu tahun mengembangkan aplikasi layanan publik “Smart Cijengkol” dan terbukti membantu layanan kebutuhan masyarakat secara murah mudah dan cepat, Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Suksbumi Jawa Barat, akhirnya di Launching sebagai Desa Digital oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Kamis, (05/09).

Program “Digital Melayani (Dilan)” tersebut merupakan kerjabareng Pemdes Cijengkol dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cijengkol Bersatu (Cibers) yang konsentrasi di bidang teknologi informasi.

Menurut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, dengan adanya giat sabadesa ini bisa membuka komunikasi antara masyarakat dengan pemangku kebijakan dan dapat memberdayakan potensi serta Sumberdaya unggul untuk menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat.

” Dengan Pemberdayaan potensi Kabupaten Sukabumi lebih baik bisa terwujud, giat pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sukabumi harus bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Marwan kepada www.sukabumizone.com Jumat, (06/09).

Ia mengapresiasi Gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Cijengkol, sehingga kepedulian tersebut terasa manfaatnya oleh warga sekitar. Terkait dengan program Desa Digital, ia menekankan supaya bisa mengedukasi masyarakat untuk mempromosikan potensi yang mereka miliki ke media teknologi informasi.

” Sebagai wujud perkembangan teknologi, Program Desa Digital harus meningkatkan kualitas layanan masyarakat dan mendorong aspek kesejahteraan, di zaman sekarang keunggulan teknologi harus dimanfaatkan secara optimal,” jelasnya.

Selain launching desa digital diresmikan pula jalan desa serta Rutilahu dan gerakan penanaman Pohon oleh Bupati Sukabumi.

Camat Caringin Anwari mengatakan, bahwa aplikasi yang dikembangkan di Desa Cijengkol memberikan manpaat untuk kemajuan serta mendorong untuk menjadikan Kecamatan Caringin sebagai Kecamatan digital.

” Pada kesempatan tersebut diberikan juga bantuan ikan Nila oleh komunitas pembudidaya ikan Koi dan caringin mandiri, Pemberian Trofy kejuaraan lomba desa diterima oleh desa Cijengkol sekaligus pemberikan sembako sebanyak 400 Paket,” cetusnya.

Giat Sabadesa tersebut dihadiri juga oleh Para Kepala Perangkat Daerah, Ketua BAZ, para Camat, dan undangan lainnya.(Agus)

Lihat Juga...