Bupati Sukabumi; Insan Pers Selain Fungsi Informasi dan Edukasi, Pers Harus Menghibur

SUKABUMI KAB — Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Bidang menggelar acara Jumpa Pers Bupati Sukabumi dalam rangka sosialisasi Hari Jadi Kabupaten Sukabumi di Gedung PKK Palabuhanratu Rabu, (11/09).

Kepala Diskominfosan Kabupaten Sukabumi R. Joni Bambang Sunyoto menyampaikan, tujuan Jumpa Pers adalah menjaga konsistensi silaturahmi dengan insan Pers bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.

Dalam penyampaiannya kepada 55 orang awak media yang hadir, Bupati Sukabumi menekankan kembali fungsi media sebagai penyampai Informasi dan mengedukasi sehingga masyarakat termotivasi untuk berperan aktif dalam pembangunan.

“Dari hasil karya jurnalistik, menyebarkan beraneka ragam informasi dan menyampaikan segala jenis berita yang terpercaya dan aktual serta harus mendidik masyarakat menjadi lebih cerdas, Media massa tidak boleh memberitakan sesuatu yang bersifat provokasi, ujaran kebencian dan hoax yang berakibat timbulnya perpecahan dan konflik,” tandasnya.

Menurutnya, sebagai unsur strategis media massa harus mampu menjadi penengah dan mencari solusi untuk berbagai masalah, mencari bukti-bukti yang terpercaya berdasarkan fakta yang ada sehingga memberikan manfaat baik bagi semua pihak.

“Media massa tidak harus selalu memberitakan berita-berita yang serius tetapi juga harus memberikan media penghibur ini juga memiliki tujuan untuk meredam isu konflik yang sedang terjadi,” tuturnya.

Marwan mengajak, menjadikan media juga sebagai sarana ladang ibadah, setiap berita atau informasi yang disebarkarkan memberi manfaat bagi masyarakat luas sehingga masyarakat teredukasi dan termotivasi sehingga berbuat baik untuk sesama, melakukan perbaikan dan mendorong pembangunan.

Dalam Jumpa Pers tersebut hadir mendampingi Bupati, Kepala Bappeda Maman Abdurahman dan Kepala DPMD Thendy Hendrayana, Kepala Bappeda menyampaikan capaian indikator indikator makro pembangunan yaitu meningkatnya kemandirian, religius, mewujudkan SDM berdayasaing tinggi, pemerintahan yang bersih dan profesional, disampaikan juga pertumbuhan ekonomi yang cukup menggembirakan, di 2016 laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukbumi ada kenaikan merupakan pertumbuhan yg melebih rata rata provinsi, tingkat kemiskinan menurun di tahun 2016 dan 2018 dengan nilai 9,6% menjadi 6,76%, indikator tingkat kemerataan kesenjangan antara penduduk berpenghasilan tinggi dan rendah tidak terlalu jauh serta index pembangunan manusia meningkat.

Sementara itu Kepala DPMD menyampaikan visi misi pengembangan desa yaitu pertama, satu desa satu Bumdes, 390 desa sudah mempunyai Bumdes, kedua, desa digital dan ketiga, gerbang desa sapa warga ditandai dengan satu RW satu Handphone.

” Kabupaten Sukabumi dinyatakan sebagai Kabupaten penyelenggara Pilkades terbanyak, sampai sekarang tercatat sudah ada 246 pendaftar ikut serta dalam Pilkades,” imbuhnya.

Dipandu oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Herdy Somantri, Jumpa Pers dilanjutkan dengan dialog interaktif antara Bupati Sukabumi dengan insan Pers. (Agus)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan