Dilanda Kekeringan, Pemdes Karang Jaya Siap Berikan 10 Tangki Air Bersih

ilustrasi

GEGERBITUNG — Kemarau panjang telah mengakibatkan kekeringan, di Desa Karang Jaya Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, untuk menyikapinya Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Jaya akan memberikan bantuan 10 tangki air bersih.

Kepala Desa Karang Jaya Syamsudin diwakili Sekretaris Desa Karang Jaya Sudarjat Umar mengatakan, berkurangnya debit air dari sumber mata air yang ada di wilayah tersebut membuat masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

“Ya, khususnya didua kedusunan kini banar-benar sudah tidak ada mata air. Sehingga, mereka terpaksa harus membeli air dari galon untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,” kata Sudarjat kepada www.sukabumizone.com Jumat, (04/10).

Ia menuturkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi kesulitan air bersih dimusim kemarau ini. Salah satunya, bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) telah diterima masyarakat. “Bantuan dari BPBD ini masih belum mencukupi karena banyaknya wilayah yang terkena dampak kekeringan,” tuturnya.

Untuk itu Lanjut Sudarjat, dalam waktu dekat pemdes akan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat tiga hari sekali sebanyak dua tangki. “Ya, 10 tangki siap kami berikan kepada masyarakat yang bersumber dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) Desa Karang Jaya,” ujarnya.

Menurutnya, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali maka, pihaknya akan mencoba mengajukan kepada pemerintah di atas untuk memberikan bantuan berupa sumurbor di stiap kedusunan. “Kemungkinan di tahun yang akan datang kami akan mengajukan Sumurbor ini,” jelasnya.

Ia berharapan, pemerintah yang di atas bisa memberika bantuan berupa sarana atau artesis untuk sumur bor. “Mudah-mudahan harapan kami terkabulkan,” pungkasnya. (Agus)

Lihat Juga...