Jaga Kualitas Jalan, Pemdes Mekarjaya Bagun Drainase

WARUNGKIARA — Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarjaya Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, tuntaskan Pembangunan Drainase dari Dana Desa (DD) tahap tiga 2019, belum lama ini.

Pembangunan Drainase tersebut berlokasi di Kampung Ciaraksan Rt 003/001 memiliki Volume Panjang 66 meter dan Tinggi 1 meter.” Sementara anggaran yang digunakan sebesar Rp. 52.345.000,-, ” kata Bendahara Desa Mekarjaya Dede kepada www.sukabumizone.com, Kamis,( 15/10).

Dede mengatakan, Pembangunan Drainase sudah menjadi sekala perioritas di tahun ini. ” Berbagai pertimbangan telah kami lakukan untuk membangun Drainase ini. Sebelumnya, jalan di lokasi tersebut sering rusak sebab di musim penghujan air naik ke bahu jalan,” tuturnya.

Saat disinggung terkait teranparansi anggaran pemdes menjelaskan, ia bersama tim pelaksana kegiatan selalu mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sebelum dan sesudah pelaksanaan pembangunan.

“Selain itu, saat pembangunan berjalan pemdes selalu masang papan peroyek dan sesudah pelaksanaan selalu dipasang perasasti,” tambahnya.

Ia berharap, pembangunan bisa berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan. ” Hasil pembangunan ini juga harus bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, kami mengajak masyarakat selalu mendukung program yang digulirkaan pemdes serta menjaga setiap pembangunan yang telah diselesaikan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negri (Kejari) Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Alex Sumarna menjelaskan, terkait penggunaan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD), ia menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk menggunakan anggran tersebut sesuai keperuntukannya.” Jangan sekali-kali menyalahi aturan atau disalahgunakan. Gunakanlah bantuan dari pemerintah ini untuk kemajuan masyarakat agar desa lebih makmur,” tandasnya.

Ia juga menegaskan, bantuan dari pemerintah harus dijalankan pemdes dengan amanah. “Pemdes dituntut agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik demi desa lebih maju dan mandiri,” pungkasnya. (Ginda)

 

Lihat Juga...