Workshop Aplikasi Siswaskeudes Dibuka Wabup Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI KAB — Wakil Bupati Sukabumi, H.Adjo Sardjono Membuka Workshop Hasil Piloting Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) se Provinsi Jawabarat di Kabupaten Sukabumi yang bertempat Aula Setda-Palabuhanratu. Selasa (15/10).

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yang dikuti oleh 19 Inspektorat kabupaten/ kota se provinsi Jawabarat yang antara lain, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar.

Adjo menyampaikan untuk dapat menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, diperlukan sumber daya dan sarana pendukung, diantaranya sumber daya manusia yang kompeten serta dukungan sarana teknologi informasi yang memadai dan dapat diandalkan.

” Sejalan dengan filosofi aplikasi Siswaskeudes yaitu sebagai alat bantu bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk melaksanakan pengawasan dalam hal perencanaan pembangunan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung-jawaban pengelolaan keuangan desa secara digital sehingga mempermudah dalam menyajikan laporan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Ia berharap, aplikasi Siswaskeudes dapat mempermudah APIP dalam melaksanakan pengawasan keuangan desa.

” Semoga pengembangan aplikasi ini dapat terus berlanjut kedepannya agar dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa lebih kredibel, tepat, akurat, transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Adjo menyerahkan Plakat Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintah Desa BPKP Pusat Iskandar Novianto, Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian dan PDT RI, Dian Rediana.

Acara tersebut tersebut dilanjutkan dengan Pemberian Materi dengan Pembicara Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintah Desa BPKP Pusat Iskandar Novianto, Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dan PDT RI Dian Rediana, serta Inspektur Kabupaten Sukabumi H. Dedi Setiadi.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala DPMD Propinsi Jawa Barat, 19 Inspektur Kabupaten/ Kota Se Jawa Barat serta undangan lainnya. (Ginda)

Lihat Juga...