Jelang Pilkades Serentak 2019, Ratusan Calon Kades di Sukabumi Jalani Tes Urine Narkoba

SUKABUMI — Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi Jawa Barat, lakukan pemeriksaan urine ratusan calon kepala desa yang maju di Pemilikan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi, Kamis (31/10).

“Pemeriksaan urine calon kades itu untuk mengetahui apakah ada diantara mereka yang mengkonsumsi narkoba maupun obat-obatan terlarang,” ungkap Kepala BNNK Sukabumi AKBP Yus Danial di Sukabumi.

Selama pemeriksaan urine itu seluruh calon kades mendapatkan pengawasan ketat dari petugas gabungan dari BNNK Sukabumi, Polri, TNI serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi antisipasi adanya kecurangan yang dilakukan oknum calon kades.

Petugas BNNK memperingatkan dengan tegas kepada calon kades tersebut agar jangan mencoba menukar atau mencampur urinenya karena dapat ketahuan serta yang bersangkutan akan dipanggil kembali untuk melakukan tes urine ulang.

Pemeriksaan ini dilakukan selama dua hari dari Kamis (31/10/2019) serta Jumat (1/11). Jumlah calon kades yang melakukan tes urine sebanyak 545 orang yang dibagi di dua lokasi yakni Gedung Islamic Centre di Kecamatan Cisaat dan kantor Bappeda Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu.

Sisanya sebanyak 477 calon kades akan melaksanakan tes urine pada Jumat sehingga, jumlah calon kades yang menjalani pemeriksaan urine sebanyak 1.022 orang.

“Tahapan ini wajib dilaksanakan setiap calon kades yang maju pada pilkades di Kabupaten Sukabumi serta hasil pemeriksaan ini akan diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang calon Kades Cipurut Dasep mengatakan sangat setuju dengan adanya pemeriksaan urine tersebut. Menurutnya, setiap pemimpin harus benar-benar terbebas dari penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang. (rol)

Lihat Juga...