Pemdes Panumbangan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

JAMPANG TENGAH — Pemerintah Desa (Pemdes) Panumbangan Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat , gelar pemeriksaan kesehatan gratis di Aula Desa Panumbangan, Jum’at, (8/11). Kegitan tersebut di hadiri warga dari empat RT.

Sekretaris Desa Panumbangan Asri mengatakan, pemeriksaan kesehatan gratis langsung disambut antusias warga hal itu, terbukti dari banyaknya warga yang datang untuk memeriksakan kesehatannya. “Kegiatan ini dilaksanakan pihak kesehatan yang dibantu para Kader Posyandu. Sementara itu, anggaranya sendiri diambil dari APBN 2020 dan warga sama sekali tidak dipungut biaya, ” kata Asri kepada www.sukabumizone.com Jum’at (08/11).

Ia berharap, warga bisa terbatu dengan adanya program tersebut. “Kami mengajak mereka agar labih tahu akan pentingnya pola hidup sehat, ” jelasnya.

Pospindu Desa Panumbangan Euis menjelaskan, kegitan ini diselenggarakan untuk mendeteksi lebih dini penyakit tidak menular. “Hari ini periksaan meliputi cek darah, tinggi badan, cek lingkar perut dan diteksi gula, ” ujarnya.

Ia menambahkan, apabila ditemukan penyakit yang menular. Maka, pihak kesehatan akan langsung merujuknya ke rumah sakait. “Tentunya, agar pasien dapat ditangani lebih lanjut, ” tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya pemeriksaan gratis warga bisa mengetahui penyakit apa yang dideritanya lebih awal. ” Selanjutnya, seperti apa penanganan yang harus dilakukan. Kami mengimbau, warga selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola hidup sehat diawali dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan, ” paparnya.

Seorang warga RT 26 Sopiah mengaku, senang dengan adanya pemeriksaan itu. Setelah diperiksa akhirnya ia mengetahui tentang penyakit yang dideritanya saat ini. ” Ya, saya sering sakit kepala teryata setelah diperiksa saya memiliki penyakit darah tinggi dan saya di beritahu tentang makanan apa yang dibolehkan serta yang tidak di boleh dikonsumsi, ” imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan seperti itu bukan menjadi program sesaat namun, dijadikan program rutin yang dapat membantu warga terutama bagi warga menengah ke bawah. “Jelas program ini sangat membantu sekali bagi kami,” pungkasnya. (Ginda)

Lihat Juga...