Lagi-lagi Kebakaran Hutan Terjadi di Kecamatan Nyalindung

 

NYALINDUNG — Kebakaran hutan kembali terjadi di wilayah Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, tepatnya di Kampung Cirawa Pasir RT 04/05 Desa Nyalindung Kecamatan Nyalindung Sabtu, (09/11).

Dari informasi yang diperoleh www.sukabumizone.com menyebutkan, peristiwa tersebut bermula dari lahan milik warga yang terbakar lalu merembet ke kawasan hutan milik Perhutani.

“Ya, kejadian tersebut diketahu sekira Pukul 10.00 WIB, oleh warga yang hendak berangkat keladang. Warga segera menghubungi kepala desa setempat,” kata Kepala Dusun Dua Cosmin kepada www.sukabumizone.com Sabtu,(09/11).

Lanjut Cosmin, tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut. Namun sampai saat ini api masih belum bisa dipadamkan.”Sementara penyebab kebakaran masih belum diketahui. Proses pemadaman masih dilakukan bersama masyarakat, pemdes, TNI, Polisi, pemadam,” tuturnya.

Sementara itu, Asper KBKPH Cikawung Agus Darmaya didampingi Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Baros R Syaeful M mengatakan, kebakaran ini terjadi di petak 35c RPH Baros BKPH Cikaung KPH Sukabumi. “Personil RPH Ciguha dan personil siaga Dalkarhut Kantor BKPH Cikawung, Relawan Kecamatan Nyalindung dibantu jajaran Polsek Nyalindung, anggota koramil beserta masyarakat sekitar hutan bersama-sama diterjunkan untuk memadamkan api dengan menggunakan pelepah pisang, ranting kayu basah serta Damkar Sukabumi,” ujarnya.

Lanjut Syaeful, akibat kebakaran ini jenis tanaman vegentasi hutan yang terbakar yakni pohon rasamala, alang-alang, rumput tepus dan lainnya. Kerugian akibat kebakaran belum dapat terhitung.”Dugaan sementara penyebab kembakaran ini dari puntung roko seseorang yang berlalalu lalang tidak bertanggung jawab, arah api diketahui dari perkebunan bunga melur,” cetusnya.

Ia menjelaskan, akibat kebakaran itu sekitar 0.5 hektar lahan perhutani ludes terbakar. “Kerugian dari kebakaran ini belum dapat diketahui,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan