Empat Kriteria Pembangunan Fisik Jadi Prioritas Pemdes Gegerbitung

GEGERBITUNG — Pemerintah Desa (Pemdes) Gegerbitung Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, terus lakukan persiapan jelang pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga 2019.

Kepala Desa Gegerbitung Wawan Ruswanda diwakili Sekretaris Desa Gegerbitung Sopian mengatakan, anggaran sebesar Rp. 349.448.800,- dari DD tahap tiga ini siap dialokasikan untuk pembangunan fisik dan pembangunan non fisik. “Ya, pembangunan fisik yang akan dilaksanakan dari DD tahap tiga diantaranya, Pengaspalan dengan sistem Lapen Jalan Desa, pembukaan jalan desa dengan sistem PKT, pembangunan MCK dan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),” kata Sopian kepada www.sukabumizone.com Rabu, (20/11).

Sementara itu lanjut sopian, pembangunan non fisik akan dilaksanakan dibidang pemberdayaan. “Untuk pemberdayaan ini kami akan memberikan Bimbingan teknis peningkatan kapasitas prangkat desa dan Bimtek peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” tuturnya.

Ia menjelaskan, semua kriteria pembangunan dari DD tahap tiga itu merupakan hasil musyawarah dengan masyarakat dari musyawarah tingkat kedusunan sampai tingkat desa. “Sehingga, menjadi prioritas di tahun 2019 ini,” jelasnya.

Ia berharap, hasil pembangunan berdampak pada peningkatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat. “Selain itu, kami harap masyarakat bisa turut merawat hasil pembangunan ini, agar manfaatnya dapat terus dirasakan,” pungkasnya (Agus)

Lihat Juga...