Rumah Warga di Desa Cijulang Ludes Diamuk Sijago Merah

JAMPANG TENGAH — Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, kali ini satu rumah warga di Kampung Cibitung RT42/12 Kedusunan Cibitung Desa Cijulang, hangus dilahap sijago merah, Selasa, ( 26/11/2019). Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Pejabat Desa Cijulang Asep Jaelani saat disambangi www.sukabumizone.com di ruang kerjanya mengungkapkan, rumah tersebut milik Mursih (86 tahun) sementara kejadian diketahui sekitar Pukul 03:00 WIB. ” Sekitar Pukul 03:30 WIB Ibu Mursih hendak sholat subuh api sudah terlihat menyala di atap rumahnya. Lalu, ketika api membesar para tetangga berdatangan untuk menyelamatkan korban yang terdiri dari Ibu Mursih, anaknya Saerah (55) dan cucunya Ferdy (20) akhirnya seluruh korban bisa diselamatkan.” kata Asep Selasa, (11/26)

Lanjut Asep, dibantu warga api baru bisa dipadamkan sekitar Pukul 06:00 WIB dengan alat seadanya. Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut akibat adanya konsleting listrik. “Walaupun ini musibah yang tidak kita harapkan tapi kita patut bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan untuk kerugian sudah kami perkirakan mencapai Rp. 300,000,000,- sebab hanya sedikit barang yang terselamatkan, ” tandasnya.

Sambung Asep, pemdes sudah menurunkan tim relawan ke lokasi kejadian untuk membantu dan mengecek apa saja yang dibutuhkan saat ini. “Untuk saat ini korban mengungsi dikerabatnya tidak jauh dari lokasi kejadian dan mereka membutuhkan bantuan berupa, pakaian, selimut dan makanan, ” tuturnya.

Atas kejadian tersebut ia menghimbau, seluruh warga di desanya agar meningkatkan kewaspadaan. Seperti, menggunakan kabel sesuai dengan standar SNI. ” Sebab mayoritas penyebab terjadinya kebakaran akibat faktor konsleting listrik. Karena itu kami mengingatkan agar warga yang hendak berpergian disarankan mengecek kembali jaringan listrik yang ada di rumahnya masing-masing yang dapat memicu percikan api hingga menyebabkan kebakaran, ” imbaunya.

Ia berharap, semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah untuk membantu korban kebakaran supaya memiliki rumah kembali. “Saat ini kami dari pemdes sudah mengajukan kepada instansi terkait, ” pungkasnya. (Ginda)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan