Dinkes Kabupaten Sukabumi Gelar Pencanangan Germas

 

SUKABUMI KAB — Memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, menggelar pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Cegah Stunting di Lapang Cangehgar Palabuhanratu Sabtu, (30/11).

Selain pelepasan balon acara dimulai dengan senam sehat bersama Bupati Sukabumi H Marwan Hamami serta melepas peserta jalan sehat yang diikuti oleh Seluruh Pegawai dilingkup Dinas Kesehatan dengan menempuh jarak kurang lebih 2 km dengan rute sepanjang jalan Ahmad Yani Palabuhanratu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan H Harun Alrasyid mengatakan, kondisi saat ini Dinkes Kabupaten Sukabumi dan RSUD fokus pada isu aktual yang harus segera diselesaikan yaitu Stunting, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Sukabumi.

“Masih tingginya kasus kasus yang ditemukan khususnya stunting, dengan kondisi tersebut kita mengusung konsep MANTAP yakni memanusiakan manusia, aman, nyaman, terbangun satu kepercayaan dari masyarakat, akuntable dan propesional,” kata Harun kepada www.sukabumizone.com Sabtu, (30/11).

Sementara itu, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menyampaikan, melalui Hari Kesehatan Nasional ke 55 Tahun, Dinkes Kabupaten Sukabumi harus bisa mengintervensi Stunting serta mensosialisasikan Germas.

“Germas sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku hidup yang kurang sehat,” tuturnya.

Menurutnya, program Germas harus menjadi stunting sebagai pokok perhatian sehingga, Dinkes harus bisa masuk dalam persoalan persoalan di lingkungan masyarakat supaya, tidak ada lagi yang terkena stunting di 1000 hari masa masa keritis stunting.

“Perbaikan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan tidak secara langsung dapat dilakukan bila kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat masih kurang jadi, perlu upaya penanganan dan pencegahan stunting melalui GERMAS,” pungkasnya. (Ginanjar)

Lihat Juga...