Longsor dan Pohon Tumbang Kembali Terjadi di Sukabumi

 

SUKABUMI — Bencana longsor serta pohon tumbang melanda sejumlah titik di Kota Sukabumi Jawa Barat, Minggu (1/12). Hal ini terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras Minggu siang.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, bencana longsor terjadi di RT 01 RW 10 Babakan Jampang Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole. Di mana, satu unit rumah warga yang dihuni satu kepala keluarga (KK) yang terdiri dari lima jiwa terancam mengalami kerusakan akibat longsor.

‘’Kondisi longsoran sangat dekat dengan rumah itu sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan,’’ ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada wartawan. Sehingga, petugas meminta penghuni rumah supaya tidak menempati pada bagian rumah yang berdekatan langsung dengan longsoran.

Peristiwa bencana kedua yakni pohon Pala tumbang menimpa rumah warga Tanjung Sari Permai RT 04 RW 04 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh. Akhirnya bagian kamar tidur ruma warga rusak tertimpa pohon pala itu.

Bencana tersebut tutur Zulkarnain, langsung ditangani oleh tim PRB dengan memotong serta memindahkan gelondongan pohon itu dari atap yang tertimpa musibah. Peristiwa serupa juga terjadi Gang Murni, RT 04 RW 08 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang.

Di mana pohon Kersen tumbang di depan halaman rumah warga yang menimpa atap rumah warga. Kejadian itu ditangani tim si Galak Tajam dari Dinas Lingkungan Hidup dengan memotong serta memindahkan sisa potongan kayu itu.

Ke depan ungkap Zulkarnain, warga diminta untuk mewaspadai potensi bencana di tengah musim penghujan. “Upaya itu diperlukan untuk mencegah timbulnya korban jiwa maupun kerugian materil,” pungkasnya. (red)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan