Pengembangan Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Terus Dilakukan Pemkab Sukabumi

SUKABUMI KAB — Penyempurnaan rencana induk pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, salah satunya melalui Focus Group Discusion(FGD) dengan leading sector Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) di Pangrango Selasa, (3/12).

Sekretaris DPTR, H. Asep Rahmat Mulyana mengatakan, FGD ini adalah yang terakhir dalam rangka penajaman pengembangan Geopark Ciletuh Palabuanratu.

“Sudah melalui proses yang panjang, mudah-mudahan hari ini bisa menghasilkan dokumen rencana induk yang bisa dijadikan pegangan untuk penyempurnaan ke depan,” kata Asep kepada www.sukabumizone.com Selasa, (03/12).

Asep menambahkan, acara ini diikuti oleh 40 dari unsur pemerintah, pelaku usaha dan unsur terkait lainnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri menekankan, bahwa kesamaan persepsi dalam menyusun masterplan menjadi kunci keberhasilan pengembangan Geopark.

“FGD harus membangun pemahaman kita supaya memiliki persepsi yang sama, bagaimana pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuanratu 5-10 tahun kedepan. Kita harus punya masterplannya,” ujarnya.

Untuk itu, Sekda mengharapkan masukan, saran serta pandangan para pakar, komunitas dan para peserta FGD, terkait dengan draft masterplan yamg akan segera ditetapkan dan ditindaklanjuti menjadi workplan. Karena itu merupakan satu dari 13 amanat Unesco Global Geopark.

“Penajaman dan penyempurnaan ini sangat penting, jangan sampai nanti setelah ditetapkan masterplannya susah untuk di implementasikan karena, sangat dibutuhkan sumbang pemikiran, pencerahan dan masukan positip untuk kemajuan Geopark Ciletuh demi kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Hadir pada acara tersebut Kadis DPTR, Kabag HPI, Kabag Ekonomi, unsur pelaku usaha dan peserta FGD lainnya. (Ismatulloh)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan