Karang Taruna Desa Cikurutug Jadikan Sampah Bernilai Ekonomis

“Buka Bank Sampah”
CIRENGHAS — Karang Taruna Desa Cikurutug Kecamatan Cirenghas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, buka bank sampah di Kampung Cikurutug RT 03/05.

Dari informasi yang diperoleh www.sukabumizone.com menyebutkan, pembukaan bank sampah tersebut dilakukan Karang Taruna Desa Cikurutug untuk meningkatkan kebersihan lingkungan terutama meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang samapah sembarangan ke sungai.

“Ya, untuk sementara dalam jangka waktu tiga bulan kami akan lakukan penjemputan sampah ke masing-masing rumah warga untuk di kumpulkan di bank sampah dan diolah,” kata salah satu anggota Karangtaruna Desa Cikurutug Ahmad Paher saat disambangi www.sukabumizone.com Rabu, (04/12).

Ia menjelaskan, pengolahan sampah yang akan dilakukan melalui bank sampah yakni untuk sampah Anorganik di olah menjadi paving block dan untuk organik di bikin pakan magot yang banyak pungsinya seperti pakan ternak dan lainya. “Mudah-mudahan dengan adanya bank sampah ini menjadi solusi untuk menghilangkan sampah khusunya di Desa Cikurutug ini,” ujarnya.

Lanjut Ahmad, ke depannya masyarakat akan mendapatkan buku nasabah dari bang sampah. Fungsinya, untuk penyetoran sampah ke bank sampah. Dan setiap masyarakat menyetor sampah ke bank sampah perkilo sampahnya akan dinilai satu poin. “Dari point-poin yang dikumpulkan dalam waktu 6 bulan sekali dan satu tahun sekali masyarakat bisa mendapatkan timbal balik dari bank sampah ini, dengan menukarkan point dengan paket daging atau lainnya. Selain itu, manfaat dari pengolahan sampah juga berguna untuk masyarakat sendiri seperti perbaikan jalan mengunakan paving block dan lain sebaginya,” jelasnya.

Ia berharap, bank sampah ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Kami harap masyarakat bisa lebih sadar terhadap lingkungan. Semoga sampah ini menjadi berkah bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Sukabumi AKP Iman Retno saat mengujungi Bank Sampah Desa Cikurutug menanggapi, dengan adanya bank sampah tersebut menjadi bukti sinergitas Babinmas, Babinsa, Karang Taruna dan masyarakat sangat bagus. “Dengan adanya pengolahan limbah ini cukup mengapresiasi sekali walaupun bank sampah ini baru dibentuk. Karna tujuannya bukan ke ekonomi tapi menyadarkan masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai,” kata Iman.

Ia menghimbau, masyarakat tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. “Saat ini memasuki musim hujan kami hawatir sampah bisa menyumbat saluran air yang bisa menyebabkan banjir,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Desa Cikurutug Erwin mengatakan, pemdes sangat mengapresiasi dengan adanya pembuatan bank sampah oleh Karang Taruna. “Mudah-mudahan kreativitas Karang Taruna ini dapat menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (Agus)

Lihat Juga...