Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Gelar Saba Desa Pariwisata

SUKABUMI KAB — Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Saba Desa Pariwisata di Perkebunan Teh Jayanegara, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Rabu (11/12/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Usman menyampaikan bahwa kegiatan saba desa pariwisata untuk mengsosialisasikan dan mempromosikan daya tarik wisata di Kecamatan Kabandungan yang sudah menjadi destinasi yang diminati wisatawan serta untuk mendorong partisipasi masyarakat.

“Kecamatan Kabandungan memiliki wisata alam gunung halimun, perkebunan teh dan curug air terjun sentral, yang sangat potensi di kembangkan untuk destinasi wisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut Bupati Sukabumi melakukan dialog interaktif bersama masyarakat yang di pandu oleh tokoh wayang golek si cepot.

Dalam dialognya Bupati menyampaikan progres pembangunan yang telah dilakukan selama 4 tahun dalam pemerintahannya.

H.Marwan Hamami menghimbau masyarakat untuk mengembangkan objek wisata sekitar wilayah. “Anak anak muda harus memiliki kreatifitas, terutama Karang Taruna harus bisa mengoptimalkan potensi wilayah, ” imbuhnya.

Bukan hanya itu, menurut Marwan untuk mengembangkan pariwisata harus sering menggelar event “Misal seperti disitu gunung menyelenggarakan trail run, nah di sini bisa membuat event lari di kawasan perkebunan teh,”jelasnya.

Tak hanya itu, menurut bupati penataan wilayah dan fasilitas penunjang menjadi penting. “Setelah rame masyarakat bisa membuat home stay, misal bedeng di buat home stay sesuai standar, “tambahnya.

Terkait Kesehatan, ia menjelaskan bahwa tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan membangun dan meresmikan dua fasilitas kesehatan diantaranya Rumah sakit Sukalarang dan Rumah Sakit Sagaranten.

“Ke depan kita akan siapkan rumah sakit di sekitar wilayah Kalapanunggal atau Parakansalak, nanti kita liat posisi mana yang mudah di jangkau oleh masyarakat,” tuturnya.

Terkait penyerapan tenaga kerja, ia mengharapkan masyarakat mengikuti program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan untuk masyarakat.

“Potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi banyak untuk di gali dan dikembangkan, dan untuk pelatihan bisa melalui Diskoperindag, kita punya PLUT di Daerah Cikembang untuk pelatihan masyarakat” pungkasnya. (Agus)

Lihat Juga...