Bupati Sukabumi Serahkan 25 Satya Lencana

SUKABUMI KAB — Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bertindak selaku pembina upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti ke 74 Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi sekaligus membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Razi di Lapang Cangehgar Palabuhanratu Jumat (3/1/2020).

Marwan menyampaikan, bahwa dalam negara Pancasila, siapapun dengan alasan apapun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda.

“Bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” ujarnya.

Selanjutnya sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama tahun 2020, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Menag mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

“Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dalam acara tersebut ia menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya Kepada 25 orang PNS Lingkup Kemenag Kabupaten Sukabumi yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun

Selain itu ia juga menyerahkan Piagam penghargaan dan Piala kepada 84 orang yang berprestasi diantaranya dengan kategori, Madrasah award Pendidik dan Tenaga Pendidik Berprestasi, Apresiasi Guru Raudhat Athfal (IGRA) Kabupaten Sukabumi Tahun 2019, katagori pendidik dan tenaga pendidik madrasah Kabupaten Sukabumi berprestasi, gebyar olah raga dan seni guru madrasah Kabupaten Sukabumi (GEOSMI) dan Peserta didik berprestasi dengan katagori kompetisi Robotik Madrasah Kabupaten Sukabumi.

Sementara untuk kategori lomba terdiri dari Lomba kreatifitas daur ulang sampah pola 3 R (reuse, reduce, recycle) Kabupaten Sukabumi dan Gebyar Madrasah Aliyah Kabupaten Sukabumi (Gema Formaksi), lomba paduan suara MTs dan MA (Mars Madrasah dan Mars Sukabumi),
Dan lomba mitra pendidikan madrasah Kabupaten Sukabumi, Santri berprestasi, seksi pendidikan Diniyah dan pondok pesantren, dakwah siswa siswi Diniyah serta Takmiliyah Awaliyah.

Ia juga memberikan santunan kepada korban terkena bencana serta pemberian kursi roda kepada 2 orang penderita lumpuh.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi, FORKOPIMDA Kabupaten Sukabumi, Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi, Unsur jajaran Kemenag dan undangan lainnya. (Ginda)

Lihat Juga...