Dongkrak PADes, Kedes Bojongkembar Gali Potensi Wisata

CIKEMBAR — Kepala Desa (Kades) Bojongkembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Solehudin Wahid yang baru saja dinobatkan sebagai Kades terpilih di kancah Pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak 2019 silam. Kini, mulai meluncurkan sejumlah program yang menjadi skala prioritasnya.

Salah satu unggulan program yang digulirkannya saat ini adalah menggali potensi aset desa seperti, Wisata Edukasi Manggis, Wisata Kampung Budaya Tenjolaut dan lainnya. “Ini menjadi impian saya dan masyarakat untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes) demi kesejahtraan masyarakat,” kata Solehudin saat disambangi www.sukabumizone.com di ruang kerjanya Senin, (06/01/2020).

Lanjut Solehudin, keinginannya untuk mengembangkan potensi wisata tidak sertamerta muncul begitu saja. Namun, telah diatur sesuai misi dan visinya selaku kepala desa terpilih. “Potensi wisata ini cukup luar biasa apabila dikelola bersama-sama dengan baik dan benar. Contohnya, muncul sebuah ide Wisata Edukasi Manggis sebab hampir diseluruh wilayah kami merupakan sentra penghasil buah manggis terbeser di Cikembar,” tuturnya.

Selanjutnya ujar Solehudin, Wisata Kampung Budaya Tenjolaut juga merupakan aset yang luar biasa dimana lingkungan yang masih asri terletak diketinggian serta dapat menyajikan pemandangan eksotis akan menarik wisatawan berkunjung ketempat tersebut. “Bahkan, kampung tersebut kerap disebut sebagai negri di atas awan. Konon, apabila cuaca memungkinkan warga bisa melihat keindahan Laut Pantai Selatan,” paparnya.

Disinggung terkait langkah awal yang akan diambilnya untuk mewujudkan program tersebut. Ia menjawab, Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongkembar akan membangun akses teransfortasi di 2020 dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap satu. “Dan akan terus dilakukan di 2021 dengan sumber anggaran sama,” cetusnya.

Ia berharap, seluruh program yang digulirkan bisa sesuai dengan rencana. “Saya juga meminta dukungan dari semua element terutama masyarakat demi Desa Bojongraharja lebih baik,” pungkasnya. (Agus)

Lihat Juga...