Pohon Tumbang Mulai Marak di Sukabumi

 

 

SUKABUMI — Peristiwa pohon tumbang mulai marak di Kota Sukabumi., Terakhir kejadian itu terjadi di Kampung Cikeong RT 05 RW 05 Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, belum lama ini.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, jenis pohon yang tumbang yakni Petai Cina atau Lamtoro seukuran pinggang orang dewasa. Pohon itu tumbang ke jalan raya di kisaran Jalan Proklamasi.

‘Dilaporkan ada tiga pohon tumbang akibat cuaca ekstrem atau hujan yang disertai angin kencang, terjadi di lokasi itu” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, Minggu, (12/1).

Terhadap kejadian itu, kendaraan serta pengguna jalan lainnya yang melintas di kawasan sempat sedikit terganggu. Untungnya, tidak ada kendaraan yang mengalami kerusakan akibat pohon tumbang itu.

Petugas BPBD lanjut Zulkarnain, langsung melakukan tindakan penanganan dengan melaksanakan pemotongan pohon yang melintas ke jalan serta pembersihan lokasi. Upaya itu dibantu Polsek Baros serta motor sampah (mosam) yang turut melakukan pengangkutan sisa potongan pohon dan pembuangan sisa sampah.

Tindakan penanganan dibantu warga setempat. “Sehingga setengah jam kemudian jalan dinyatakan telah normal kembali seperti sediakala,” kata Zulkarnain.

Ke depan, warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang. Langkah itu diperlukan untuk mencegah timbulnya korban jiwa atau kerugian materil.

“Jika ada pohon yang rawan tumbang segera melapor ke petugas untuk ditangani petugas,” ucapnya. (red)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan