Satu Unit Rumah Warga Desa Tarisi Terancam Tanah Longsor

WARUNGKIARA — Akibat hujan lebat Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Tarisi RT 03/04 Dusun Tarisi Desa Tarisi Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, ambrol akibat tanah longsor Senin, (13/01). Dari informasi yang dihimpun www.sukabumizone.com, satu unit rumah warga terancam.

Kepala Desa (Kades) Tarisi Mad Halim mengatakan, longsor terjadi akibat derasnya hujan pada Kamis (09/01) malam. “Ya, sekitar pukul 11.30 WIB, TPT yang berada tepat di depan rumah Pak Ukar sepanjang 7 meter dan tinggi 5 meter ambrol akibat di guyur hujan dari sore hingga malam,” jelasnya.

Ia mengulas, rumah tersebut dihuni tujuh orang dari dua kepala keluarga (KK). “Untuk sementara ini, upaya kami hanya membereskan puing-puing material yang berjatuhan dan menutupi jalan saja agar tidak menghalangi transportasi. Namun, material yang berukuran besar masih menumpuk tepat di lokasi,” ujarnya.

Lanjutnya, material yang berukuran besar tersebut sengaja dibiarkan untuk menahan longsor susulan. “Bukan tanpa alasan kami membiarkannya. Tetapi bila kami bereskan semua tanah yang masih utuh bisa terkikis kembali dan akhirnya membahayakan rumah Pak Ukar,” jelasnya.

Ia berharap, pengajuan bantuan melalui Rancanangan Anggaran Pembelanjaan Desa (RAPBdes) 2020 Desa Tarisi dalam waktu dekat ini bisa terwujud. “Ya, untuk saat ini kami baru mengajukan. Diperkirakan, perbaikan TPT akan menghabiskan dana senilai Rp. 45 juta dan mudah-mudahan bisa diwujudkan di DD tahap satu 2020,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan