Saluran Irigasi di Kecamatan Gunungguruh Tergerus Tanah Longsor

SUKABUMI — Saluran irigasi di Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, yang mengairi puluhan hektare sawah di empat desa yakni, Desa Kebonmanggu, Sirnaresmi, Kertaraharja dan Bojongraharja terputus akibat terkena tanah longsor belum lama ini.

“Berkat adanya kerjasama dari empat desa, kurang lebih dua bulan kami bersama-sama berusaha memperbaiki saluran irigasi ini agar air yang memasok puluhan hektar sawah petani di empat desa kembali normal. Untuk di Desa Kertaraharja sendiri air benar-benar kering sejak dua bulan terakhir,” kata Kepala Desa Kertaraharja Yati Nurhayati saat dihubungi www.sukabumizone.com Sabut, (18/01).

Menurutnya, sementara ini ada beberapa beronjong yang dipasang sebagai penahan tanah. “Mudah-mudahan beronjong yang kami pasang ini bisa menahan tanah dan air bisa kembali disalurkan,” ujarnya.

Ia berharap, pihak terkait bahu membahu memperbaiki saluran irigasi tersebut dan kepada pemerintah yang di atas agar memberikan bantuan langsung sebagai upaya tanggap bencana memperbaiki irigasi ini secara maksimal. “Apabila tidak disikapi bersama dampaknya kepada para petani akan sangat luar biasa. Dimana, mereka akan mengalami gagal panen,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...