Karangtaruna Desa Bojongkalong dan Bojongsari Gelar Jalan Bersih Lingkungan

NYALINDUNG — Karangtaruna Desa Bojongkalong dan Bojongsari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, gelar Jalan Bersih Lingkungan di Aula Desa Bojongkalong Selasa, (11/02). Kegiatan itu dihadiri Budi Cilok sebagai Duta Pelopor salah satu perusahaan rokok ternama, Camat Nyalindung, Muspika, LPM, Tokoh Masyarakat (Tokmas), 50 Orang Karangtaruna sekota Sukabumi dan lainnya.

Ketua Karangtaruna Desa Bojongkalong Hendar Sukmawan mengajak masyarakat agar sadar terhadap sampah dan dampaknya. “Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat dimana saja terutama Masyarakat Desa Bojongkalong dan Bojongsari agar tidak membuang sampah sembarangan dan bisa memanfaatkan limbah menjadi barang yang berguna,” ajak Hendar kepada www.sukabumizone.com Selasa, (11/02/2020).

Ia mengulas, sampah itu bisa di daur ulang menjadi barang dan bahan yang berguna. “Disi kami mengajak masyarakat agar bisa kreatif dan inovatif untuk menghindari dan mengurangi membungan sampah sembarangan yang berdampak pada kebersihan dan kesehatan lingkungan. Yakni, dengan memisahkan mana sampah Organik dan Non Organik,” ulasnya.

Lanjut Hendar, dari dua jenis sampah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi barang dan bahan yang berguna. “Dari dua jenis sampah itu kita bisa daur ulang sesuai dengan jenisnya, seperti sampah daun, kulit pisang, rumput, sayuran dan lainya bisa kita manfaatkan menjadi Pupuk Organik Biopori setelah di proses. Begitu juga dengan sampah plasatik kami manfaatkan menjadi barang dan bahan seperti bensin, solar, gas dan sejenis lainnya setelah melalui proses yang bertahap juga penyulingan itu semua sudah kami buktikan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Anggota Karangtaruna Ardi yang akrab dipanggil Ardi Balangkon menjelaskan, kegiatan tersebut sudah berjalan tiga bulan. “Kegiatan Jalan Bersih Lingkungan ini sudah berjalan kurang lebih tiga bulan dan akan terus digalakan agar semua sadar akan dampak dari sampah ini bila dibiarkan saja tanpa ada yang peduli terhadap lingkungan bersih, namun untuk acara sekarang perdana dilaksanakan di desa kami. Mudah-mudahan ke depannya acara seperti ini bisa terus di gulirkan setiap tahunnya,” jelas Ardi.

Kepala Desa (Kades) Bojongkalong Kecamatan Nyalindung Asep Sutisna mengimbau, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. “Saya mengibau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak membuang sampah sembarangan yang bisa berdampak buruk bagi semua. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh karangtaruna yang sudah menyelenggarakan acara ini, kami mendukung apapun program karangtaruna demi memajukan desa,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...