Demi Perubahan, Kades Bojongkerta Tingkatkan Potensi SDM dan SDA

WARUNGKIARA — Kepala Desa (Kades) Bojongkerta Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Uus Suhendar yang merupakan kades terpilih dikancah Pemilihan Kepala Desa (Pilkaades) serentak 2019 silam, saat ini mulai menunjukan eksistensinya. Dimana, demi memuluskan tujuannya untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik ia terus berinovasi mencari sebuah gagasan dalam menata dan menggali potensi baik potensi Sumber Daya Manusia (SDM) mapuan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa Bojongkerta.

Uus mengatakan, langkah awal yang akan dilakukannya untuk membawa perubahan adalah menata SDM di tubuh Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongkerta. “Tanpa didukung kinerja SDM yang maksimal. Maka, mustahil seluruh program yang digulirkan dapat berjalan sesuai janji-janji saya kepada masyarakat agar desa ini menjadi lebih baik meski sebelumnya dinilai cukup baik,” kata Uus saat disambangi www.sukabumizone.com di ruang kerjanya Rabu, (12/02/2020).

Menurutnya, sistem harus berjalan optimal di tubuh pemdes. Untuk itu, ia akan melakukan edukasi kepada seluruh perangkat desa sesaui dengan bidangnya. “Menempatkan parangkat sesuai bidang dan skill yang dikuasai. Sehigga, kinerjanya akan lebih sempurna apabila disesuaikan dengan disiplin ilmu yang mereka miliki,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pembangunan dan pengembangan potensi desa di bidang SDA. Ia telah memiliki program yakni, program peningkatan hasil pertanian yang memiliki kualitas tinggi. “Saya berharap desa yang memiliki luas lahan pertanian 221 hektare ini memiliki ikon sebagai desa penghasil beras berkualitas tinggi di Kabupaten Sukabumi. Dalam hal ini, saya akan mengoptimalkan kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bojongkerta agar turutserta memajukan potensi pertanian sebagai pendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes),” tuturnya.

Ia menambahkan, seluruh program yang digulirkan tentunya akan berjalan sesuai target apabila didukung semua pihak. “Untuk itu, saya meminta dukungan dari seluruh element agar apa yang menjadi impian bersama dapat terwujud demi Desa Bojongkerta lebih baik lagi di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Heri)

Lihat Juga...