Pemdes Jampang Tengah Realisasikan Dana Bantuan Mahasiswa

JAMPANG TENGAH — Pemerintah Desa (Pemdes) Jampang Tengah Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, realisasikan Dana Bantuan Mahasiswa Sebesar Rp.100 juta untuk tiga kriteria pembangunan Rabu, (12/02/2020).

Kepala Desa (Kades) Jampang Tengah Agus Jayadi Ramli menjelaskan, Dana Bantuan Mahasiswa yang diketuai anak dari Ribka Tjiptaning Proletariyati tersebut ia realisasikan di tiga kriteria pembangunan yakni, Sumur Bor, Mandi Cuci Kakus (MCK) dan Rehab plafon serta diding sekolah. “Ya, dana itu kami realisasikan Sumur Bor di Kedusunan Ciagung dengan anggaran sebesar Rp.60 juta, pembangunan MCK sekitar Rp. 20 juta serta renovasi plafon dan dinding sekolah Rp.20 juta,” kata Agus kepada www.sukabumizone.com Rabu, (12/02).

Ia memaparkan, saat ini seluruh pembangunan tengah dalam proses pekerjaan. “Alhamdulillah, realisasi dana itu sedang berjalan, pembangunan MCK berjalan dan baru mencapai 20 persen, Sumur Bor mencapai kedalaman 4 meter dengan target maksimal 80meter, dan realisi rehab plafon sekolah belum di laksanakan,” paparnya.

Ia berharap, Sumur Bor tersebut bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang berada di tiga kampung. “Dantaranya, di Kampung Cikacung, Kampung Cikopi dan Kampung Tipar dengan jumlah 150 KK. Mudah-mudahan semua berjalan lancar tanpa kendala dan tuntas secepatnya,” harapnya.

Di tempat yang sama Dinas Kesehatan Keliling (Dinkesling) Puskesmas Jampang Tengah Yuli menjelaskan, kadar kandungan PH air yang baik untuk dikonsumsi. “Sebelum kita mengali atau mengebor sumber air, maka kita harus memeriksa kandungan PH air yang baik itu separti apa dan berapa kadar PH airnya dari air yang ada di sekelilingnya,” jelas dia.

Menurutnya kadar PH air yang baik tersebut 6,5 sampai 9 PH. “Menurut Peraturan Menteri Keaehatan (Permenkes) nomor 416, kadar air yang baik untuk di konsumsi adalah 6,5 sampai 9 PH dan untuk air bersih itu sendiri berkadar dari 6,5 sampai 9 PH. Dengan menggunakan alat Sanitarian Kit GN 82 untuk mengontrol kandungan kadar PH air, Alhamdulillah semua dapat terkontrol dan mengetahui kadar PH air dengan akurat,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan