Pelaku Sepsialis Curanmor Diciduk Jajaran Satreskrim Polres Sukabumi

 

SUKABUMI — Jajaran Satreskrim Polres Sukabumi menciduk lima pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) roda dua yang kerap beroperasi di tempat parkiran Pasar Parungkida, Cicurug, serta Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Satu diantara pelaku terpaksa ditembak polisi sebab hendak melawan saat akan ditangkap.

Mereka adalah Ab alias Usep (29), YL alias Iwan (51), H alias Ceper (29), SP alias Epul (50), serta AS alias Suma (47). Keberadaan para pelaku terendus polisi setelah dilakukan pengembangan atas laporan pengaduan masyarakat yang kehilangan kendaraan roda dua.

“Masing-masing pelaku ada yang bertugas sebagai pemetik atau eksekutor, ada juga sebagai penadah dan penjual. Mereka spesialis curanmor yang kerap beroperasi di tempat parkiran pasar,” ungkap Waka Polres Sukabumi, Kompol.Sigit Rahayudi, saat konferensi pers pengungkapan kasus Curanmor di halaman Mapolres Sukabumi, Kamis (13/2).

Dari hasil kejahatan para pelaku, polisi berhasil mengamankan sebanyak 13 unit sepeda motor berbagai merek serta jenis, 2 kunci leter T, dan 6 mata kunci leter T.

“Kelima pelaku curanmor bukan satu kelompok. Modus pelaku mengambil sepeda motor yang sedang terparkir di area parkiran pasar serta di pinggir jalan raya dengan cara merusak kunci kontak menggunakan kunci leter T,” beber Sigit.

Polisi masih mengembangkan kasus curanmor yang rata-rata para pelakunya telah berumur tersebut. Sebab kemungkinan ada pelaku lain yang masuk kelompok mereka.

“Penindakan terhadap pelaku secara tegas serta terukur. Karena ada satu dari mereka yang ditembak pada kakinya karena kabur saat akan ditangkap,” tegasnya.

Pelaku dijerat Pasal 363 ayat 1 dan Pasal 480 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan 4 tahun. (Sep)

Lihat Juga...

Tinggalkan Balasan