Bupati Sukabumi Paparkan Rencana Pembangunan Berbasis Kawasan 

 

SUKABUMI KAB — Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memaparkan program pembangunan saat menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka pembahasan rancangan Peraturan Daerah rencana Detail Tata Ruang Perkotaan di Hotel Sheraton Grand Jakarta, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, Kamis (20/2).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jendral Tata Ruang yang bertujan Agar pembangunan selaras dengan kondisi fisik wilayah.

Rakor membahas Rancangan Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan Kawasan Kertajati dan Jatitujuh Kabupaten Majalengka, Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Pelayanan A dan Wilayah Pelayanan D Kota Bogor, Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan Parung Panjang dan Sekitarnya Kabupaten Bogor, Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perkotaan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan Pangandaran Kabupaten Pangandaran, Rencana Detail Tata Ruang Siung Wediombo Kabupaten Gunung Kidul, Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perkotaan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam paparannya Marwan mengatakan, rencana pembangunan yang akan dilaksanakan yaitu kawasan perdagangan dan jasa, kawasan pertanian, sarana pengembangan pelayanan umum, industri kecil dan pengembangan pusat permukiman juga Akses Jalan yang memadai.

Lebih lanjut ia menyampaikan, akan dikembangkan juga Kawasan perkotaan yang memiliki prasarana dan sarana yang memadai dapat diwujudkan melalui keteraturan zona dan kegiatan, pengembangan prasarana jalan, persampahan, air minum, sanitasi, serta pengembangan elemen estetika dan RTH yang ditujukan untuk mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

Persoalan pengelolaan ruang, menurut H. Marwan Hamami akan di selaraskan sesuai dengan Kementerian agar tidak lagi ada ruang menyalahi aturan, Bupati Berharap hal tersebut bisa mengatasi Permasalah yang ada pada saat ini.

“Konektivitas ruang ini juga memberikan jawaban atau persoalan-persoalan terutama di infrastruktur jalan terutama di ruang-ruang pembentukan ruang, ini dimungkinkan untuk bisa menjawab persoalan-persoalan kemacetan masalah kelemahan atau masalah penetapan yang lainnya,” ungkapnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Tata Ruang Kementrian ATR/BPN Abdul Kamarzuki, MPM, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, beserta para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi. (Andi)

Lihat Juga...