Sekda Kabupaten Sukabumi Saksikan Penataran Pelatih dan Juri IPSI

SUKABUMI KAB — Mengusung Tema ” Terwujudnya Pelatih dan Wasit Juri Propesional Untuk Peningkatan Prestasi Pencak Silat di Kabupaten Sukabumi” Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Penataran Pelatih dan wasit juri IPSI Tingkat Kabupaten, di Gor Cisaat, Jum’at (21/2).

Penataran yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21 s/d 23 Febuari 2020 tersebut dbuka oleh Sekertaris Daerah, H. Iyos Somantri yang juga selaku Ketua IPSI Kabupaten Sukabumi.

Menurut Ketua Pelaksana, Usep Wawan, pencak silat di Jawabarat harus terus memasyarakat, karenanya di Kab.Sukabumi IPSI harus menyiapkan para pelatih dan wasit di masing masing Kecamatan, harapannya perkembangan silat di Kabupaten Sukabumi akan merata.

“Kegiatan ini diikuti 80 peserta terdiri dari 40 peserta untuk wasit juri, 40 peserta untuk pelatih, maka untuk itu kepada peserta ikutilah penataran dengan seksama demi terwujudnya wasit juri dan pelatih yang profesional,” terangnya.

Sementara itu, dalam arahannya Iyos menyampaikan bahwa pencak silat sebagai salah satu warisan budaya dan cabang olahraga yang telah di pertandingkan sampai tingkat dunia harus terus dipelihara dan dilestarikan.

Menurutnya salahsatu faktor penting dalam mengembangkan pencak adalah pelatih dan juri yang berkualitas dan memiliki kualifikasi yang jelas dan diakui.

“Tentunya harus mengikuti peraturan dan ketentuan yang baku sesuaikan dengan ketentuan olahraga prestasi, sehingga kita membutuhkan SDM aparat pertandingan yaitu wasit juri dan pelatih pencak silat yang handal dan profesional serta berlisensi,” jelasnya.

Dengan terbitnya keputusan Bupati Sukabumi Nomor 426/Kep.796-Disdik/2012 tentang mata pelajaran muatan lokal seni bela diri pencak silat di SD, SMP dan SMA/SMK sederajat di Kabupaten Sukabumi, maka upaya pembinaan serta memasyarakatkan pencaksilat menjadi lebih terarah.

“Tentunya kita bersyukur telah menetapkan pencak silat sebagai muatan lokal di sekolah semua tingkatan, oleh karena itu, kita semua harus bekerja keras membangun kebersamaan, kekompakan, keuletan serta tekad untuk memajukan pencak silat,”pungkasnya.

Penataran dibuka dengan pemukulan gong oleh Sekda Kab. Sukabumi serta di meriahkan dengan penampilan pencaksilat dari IPSI Kabupaten Sukabumi. (Sopyan)

Lihat Juga...