Kecamatan Nyalindung Peroleh Bimtek Pembinaan Potensi Masyarakat

NYALINDUNG — Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sulabumi Jawa Barat, melaksanakan Bimtek Pembinaan Potensi Masyarakat dalam Memelihara Trantibum, Tanggap Darurat Bencana dan Kerawanan Sosial di 2020 di Aula Kecamatan Nyalindung Senin, (24/02/2020). Kegiatan itu, dihadiri Tokoh masyarakat (Tokmas), alim ulama dan tokoh pemuda sebagaimana potensi masyarakat mitra pemelihara Trantibum dan perlindungan masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi Deny Ludiana melalui Kasi Pembinaan dan Pelatihan Perlindungan Masyarakat Hendriana mengatakan, kegiatan tersebut adalah agenda kerja bidang perlindungan masyarakat pada Satpol PP Kabupaten Sukabumi.

“Intinya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, memberikan pemahaman terkait kesiap siagaan dalam penanggulangan bencana, melalui mitigasi bencana serta membekali pengetahuan tatacara deteksi dini kerawanan sosial,” kata Hendriana kepada www.sukabumizone.com Senin, (24/02).

Lanjutnya, kegiatan bidang perlindungan masyarakat pada Satpol PP Kabupaten Sukabumi itu, sudah lama diselenggarakan dibeberapa kecamatan. “Kegiatan seperti ini sudah berjalan lama, sebelumnya juga sudah rutin dilaksanakan diberapa kecamatan di Sukabumi, hanya lokasi kegiatan berbeda-beda, tahun ini kita menyasar wilayah-wilayah kecamatan yang memang belum pernah jadi lokasi pelaksanaan kegiatan ini,” lanjut Hendriana.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pembinaan itu dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan menumbuhkembangkan kepedulian masyarakat peserta pembinaan pada khususnya, dalam mitigasi bencana dan kerawanan sosial sebagai bentuk pemeliharaan Trantibum dan perlindungan masyarakat diwilayahnya masing-masing.

“Karena kesiapsiagaan dan tanggap darurat terhadap bencana, merupakan bentuk penyelenggaraan perlindungan masyarakat yang seyogyanya menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Maka, dibutuhkan sinergitas dalam pelaksanaannya,” harapnya.

Ditempat yang sama Camat Nyalindung Agus Mochamad Nurdin menjelaskan, sangat antusias mendukung acara tersebut. “Kami merasa senang dengan adanya kegiatan seperti ini, terutama pelatihan bagi perwakilan masyarakat yang ada di desa kami. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa dilaksakana setiap satu tahun sekali sebagai evaluasi terhadap peserta binaan yang mengikuti acara ini,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...