Saluran Irigasi Pasirgabug Bojongkalong Jebol Tergerus Tanah Longsor

NYALINDUNG — Saluran irigasi Pasirgabug di Kampung Tegalputer RT01/06 Desa Bojongkalong Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, jebol tergerus tanah longsor longsor. Peristiwa tersebut diduga kuat dipicu hujan deras yang mengguyur belum lama ini.

Kepala Desa (Kades) Bojongkalong Asep Sutiana diwakili Kepala Dusun (Kadus) tiga Bojongkalong Erva Sugiarto menjelaskan, peristiwa tersebut akibat guyuran hujan yang deras pada Minggu lalu.

“Longsor itu terjadi akibat guyuran hujan yang sangat deras. Akibatnya, saluran irigasi Pasirgabug di kampung tersebut dengan Volume 8×2,5 meter jebol,” kata Erva kepada www.sukabumizone.com Selasa, (25/02)

Erva menuturkan, jebolnya tanggul irigasi dari hasil pantauan di lokasi akibat luapan air irigasi yang tersumbat sampah. “Dan luapan air mengikis tanggul saluran irigasi dan mengakibatkan longsor,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pemdes bekerjasama dengan masyarakat saat ini mulai membenahi tanggul jebol tersebut. “Karena kami membutuhkan air untuk mengairi sawah pertanian yang ada kampung ini, kami sepakat bersama masyarakat membagun TPT melalui dana swadaya,” ulasnya.

Ia berharap, masyarakat turut menjaga setiap fasilitas yang ada demi kelancaran bersama. “Kami harap semua lapisan masyarakat, bisa menjaga dan merawat semua fasilitas yang ada di desa maupun fasilitas umum lainnya yang ada di kampungnya masing-masing. Itu semua demi kelancaran bersama, sebab jika bukan kita yang menjaga dan merawatnya siapa lagi,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...