Sukabumi Gencar Operasi Yustisi Tempat Hiburan Malam

SUKABUMI — Pemerintah Kota Sukabumi Jawa Barat, menggiatkan operasi yustisi tempat hiburan malam. Langkah itu untuk mencegah peredaran minuman beralkohol serta jam operasi tempat hiburan malam.

Kegiatan itu dipimpin Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang menggelar operasi yustisi gabungan tempat hiburan malam, belum lama ini. Kegiatan itu diikuti pula Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan unsur yang terlibat dalam operasi gabungan mulai dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, serta Dinas Tenaga Kerja.

Selain itu, Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, serta Subdenpom TNI. Sebelum menggelar operasi digelar apel gabungan di Kantor Satpol PP.

” Operasi itu dalam kerangka mencari atau deteksi tempat hiburan malam,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan, Minggu (01/2). Di mana tim berbagi tugas dalam operasi yaitu pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesahatan serta pemeriksaan dokumen kependudukan oleh Satpol PP.

Pada operasi itu hasilnya masih ada minuman beralkohol di beberapa tempat hiburan malam. Pengelola tempat hiburan yang melanggar akan diberikan teguran keras. Pasalnya yang bertanggungjawab adalah manajemen tempat hiburan malam tersebut. Pada momen itu juga wali kota menyampaikan sosialisasi jam buka tempat hiburan hanya sampai pukul 24.00 WIB.

Lebih lanjut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjelaskan, kegiatan ini akan rutin dilakukan. Terutama mencegah peredaran minuman beralkohol karena Sukabumi menerapkan zero minuman beralkohol.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan rapid tes HIV dan sifilis oleh Dinkes. Hasilnya ada 100 pengunjung tempat hiburan malam yang diperiksa.
”Sekitar 100 sampel rapid tes HIV serta sifilis, ada satu terduga HIV dan dua sifilis yang perlu pemeriksaan lanjutan,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi Lulis Delawati. (red)

Lihat Juga...