Sembilan Jenis Makanan Bisa Meningkatkan Imunitas

SUKABUMI — Kasus virus corona atau Covid-19 terus meningkat. Tindakan pencegahan yakni, cuci tangan dan physical distancing menjadi keharusan untuk menurunkan risiko penularan.

Pola makan juga butuh diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus. Ada sembilan jenis makanan kunci untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang merupakan rekomendasi dari para ahli kesehatan, diantaranya,

1. Paprika merah

Paprika merah yaitu salah satu jenis makanan kaya vitamin C, di antara seluruh buah serta sayuran yang ada. Menurut Departemen Pertanian AS, satu cangkir paprika merah cincang mengandung sekitar 211 persen nilai vitamin C harian tubuh. Jumlah itu sekitar dua kali lebih banyak dibandingkan satu buah jeruk (106 persen). Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan di National Institutes of Health menemukan fakta, vitamin C berkontribusi untuk mempertahanan kekebalan tubuh yang mendukung berbagai fungsi sel. Alhasil, bisa menurunkan risiko infeksi pernapasan. Ini juga dapat membantu pertumbuhan serta perbaikan jaringan dalam tubuh.

2. Brokoli

Brokoli pun kaya vitamin C. Setengah cangkir brokoli mengandung 43 persen dari nilai vitamin C harian tubuh. Brokoli mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri dan virus. “Brokoli dikemas dengan phytochemical serta antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita,” kata salah seorang dokter spesialis penyakit dalam di EHE Health, Dr Seema Sarin, seperti dikutip dari cnbc.com, belum lama ini.

3. Buncis

Buncis mengandung banyak protein, dan nutrisi penting yang terbuat dari asam amino membantu menumbuhkan serta memperbaiki jaringan tubuh. Buncis juga mensintesis serta memelihara enzim, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. “Buncis juga dikemas dengan zinc, membantu sistem kekebalan tubuh mengendalikan dan mengatur respons kekebalan tubuh,” ujar ahli diet dan pendiri situs resep bergizi dari Healthier Taste, Emily Wunder.

4. Stroberi

Wunder menikmati setengah cangkir stroberi untuk mendapatkan 50 persen kebutuhan vitamin C hariannya. Vitamin C dari stroberi bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sebab dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang sering terpapar pada lingkungan.

5. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal sejak dulu untuk membantu menangkal flu. Dalam sebuah studi pada 2001 yang diterbitkan di Advances in Therapy, peserta yang mengonsumsi suplemen bawang putih lebih kecil kemungkinannya terserang flu. Mereka yang terinfeksi, dapat pulih lebih cepat. Bawang putih dinilai tidak hanya memiliki rasa yang kuat, namun mengandung manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung. “Kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh dari bawang putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, yang dapat membantu melawan beberapa infeksi,” kata Wunder.

6. Jamur

Sebuah penelitian pada 2018, menemukan bahwa jamur merupakan sumber vitamin D atau juga ‘vitamin sinar matahari’. Jamur bisa membantu meningkatkan penyerapan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang serta mampu melindungi tubuh dari beberapa kanker dan penyakit pernapasan.

7. Bayam

Bayam kaya vitamin C serta penuh antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan lingkungan. Bayam juga mengandung beta karoten yang merupakan sumber makanan utama vitamin A (komponen penting dari fungsi kekebalan tubuh).

8. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber probiotik yang bagus dan merupakan bakteri baik yang dapat membantu menyehatkan usus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi baru-baru ini juga menemukan bahwa probiotik itu efektif untuk melawan flu biasa dan infeksi saluran pernapasan seperti influenza.

9. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari tinggi vitamin E, berfungsi sebagai antioksidan serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kecil namun perkasa, hanya satu ons biji bunga matahari panggang kering, dapat memberi 49 persen dari nilai vitamin E harian tubuh.
(red)

 

Lihat Juga...