Longsor Mengancam, Pemdes Cibatu Minta Uluran Tengan Pemerintah Daerah

CIKEMBAR — Tak kunjung peroleh bantuan, Pemerintah Desa (Pemdes) Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, akhrinya menggerakan masyarakat untuk menanggulangi dampak longsor dari gerusan Sungai Cibatu yang semakin lama semakin meluas di Kampung Cibatu Lembur RT 003/004 Kedusunan dua Cibatu Lembur. Dari hasil swadaya masyarakat pemdes berhasil memasang beronjong disebagian tebing yang telah longsor dengan bergotongroyong bersama masyarakat.

“Gerusan Sungai Cibatu telah mengakibatkan tanah longsor sepanjang 12 meter, lebar 10 meter dan tinggi 5 meter. Setelah sekian lama belum juga ada tanggapan dari pemerintah yang di atas melalui instansi terkait. Akhirnya, kami berinisiatif menggerakan masyarakat secara swadaya melakukan antisipasi dengan memasang beronjong,” kata Kepala Desa (Kades) Cibatu Ijang Rodja kepada www.sukabumizone.com Kamis, (09/04).

Menurutnya, longsor juga terus mengancam satu rumah milik warga yang hanya berjarak beberapa meter dari bantaran Sungai Cibatu. “Itu yang lebih mendorong kami untuk cepat bergerak. Dengan alat dan modal seadanya, Alhamdulillah sedang diperbaiki,” ujarnya.

Ia menjelaskan, proses pemasangan bronjong sudah berlangsung selama satu minggu.” Beronjong yang digunakan telah habis sekitar 20 bronjong yang sudah terpasang. Ya, sekali lagi karena modal dan barang seadanya jadi terpaksa proses pengerjaan kami hentikan sementara waktu karena barang yang kami butuhkan tidak cukup,” paparnya.

Ia berharap, pemerintah yang di atas segera membrikan bantuan agar bisa melanjutkan kembali pembangunan. “Kami meminta batuan dari pemerintah malalui instansi manapun, agar kami bisa meneruskan pekerjaan ini sehubung dengan musim hujan yang tidak dapat diprediksi saat ini. Kebutuhkan beronjong yang harus dipasang masih cukup banyak sekitar 30 beronjong lagi sementara kemampuan kami tidak seberapa,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...