Cegah Corona, Sejumlah Warga di Desa Kertaraharja Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

CIKEMBAR — Sejumlah warga bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, cegah penyebaran Covid-19 dengan berbagai cara. Misalnya saja, melalui penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan Hand Sanitizer yang dilakukan sejumlah Warga di Kampung Awilega RW 05 Kedusunan Padasuka Minggu (12/04).

Kepala Desa (Kadesa) Kertaraharja Yati Nurhayati diwakili Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Yanto mengatakan, pihaknya berasama para pemuda, RT, RW, Kepala Dusun (Kadus), melakukan antisipasi penyebaran virus covid-19 hasil dari swadaya masyarakat.

“Selain melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah Fasilitas Umum (Fasum) seperti kantor desa, masjid, bangunan sekolah, PAUD, Posyandu, Pos ronda juga rumah warga. Kali ini, kami akan melaksanakan pembagian 1000 masker dan Hand Sanitizer kepada masyarkat sebagai salah satu langkah antisipasi pencegahan terhadap virus corona dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang ada di desa ini,” kata Yanto kepda www.sukabumizone.com Minggu, (12/04).

Selain itu ia menambahkan, kendaraan yang masuk ke wilayah Awilega juga dilakukan penyemprotan. “Diantara penyemprotan yang sudah kami laksnakan pada fasum lain nya, kendaraan yang lewat pun tak luput kami lakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan, terutama kendaraan yang datang dari luar kota itu wajib disterilkan,” lanjutnya.

Ia memaparkan, tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk mencegah penularan virus corona yang menyebar ke masyarakat akibat terbawa oleh pendatang maupun pemudik yang datang dri luar kota. “Karena menjelang Ramadhan pasti banyak masyarakat yang pulang dari lùar kota. Sehingga di bentuk posko relawan covid 19 untuk mensosialisasikan terhadap masyarakat apa itu ODP dan PDP juga memberikan penjelasan bahwa pentingnya pencegahan penularan virus Covid-19,” paparnya.

Ia berharap, dengan melakukan pencegahan secara maksimal bisa berdampak positif bagi masyarakat. “Tentunya dengan segala upaya yang telah kami lakukan untuk pencegahan covid-19 ini, bisa berdampak baik bagi masyarakat, juga tetap bisa menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai kunci terhindar diri dari virus covid,” pungkasnya. (Kusnandar)

Lihat Juga...