Pemdes Bojongkembar Realisasikan BLT Provinsi Jabar 2020

CIKEMBAR — Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Sosial (Bansos) Provinsi Jawa Barat (Jabar), mulai direalisasikan Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongkembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, kepada 115 Kepala Keluarga (KK) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Aula Desa Bojongkembar belum lama ini.

Kepala Desa Bojongkembar Solehudin Wahid mengatakan, angka penerima bansos provinsi telah ditentukan. Sehingga, pemdes hanya merealisasikan bantuan sesuai aturan dan data yang ada. “Khusus untuk KPM bansos provinsi, itu datanya langsung dari provinsi bukan ditentukan oleh pemdes,” kata Solehudin saat disambangi www.sukabumizone.com Senin, (11/06).

Sementara itu, dalam satu paket BLT terdiri dari beras 10 kilogram, makanan kaleng 4 buah, Gula 1 kilogram, minyak goreng 2 liter, terigu 1 kilogram, telur 2 kilogram, mie instant 16 bungkus dan uang sebesar Rp.150.000,-. “Untuk sistem pembagiannya sendiri kami mengundang KPM melalui para kepala dusun yang ada di desa ini dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” ujarnya.

Disinggung terkait, BLT dari Dana Desa (DD) 2020. Ia menjawab, pemedes telah melakukan musyawarah desa khusus (Musdesus) untuk menentukan calon penerima bantuan. “Di mana, kami telah menetapkan sebanyak 144 KK layak memperoleh bantuan ini sesuai DD yang ada di desa kami yakni sebesar 30 persennya dari DD 2020 secara keseluruhan,” imbuhnya.

Ia berharap, bantuan tersebut tepat guna dan tepat sasaran kapada seluruh warga terdampak covid-19. “Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga kami. Sedikit saya mengulas bahwa, warga terdampak covid-19 memang cukup banyak serta layak mendapatkan bantuan. Untuk itu, kami pun telah melayangkan data kepada Dinas Sosial yakni sebanyak 2.000 KPM masuk kategori Non DTKS dan membutuhkan bantuan,” pungkasnya. (Sep)

Lihat Juga...